NEW YORK, HESTEK.id – Majalah Forbes setiap tahunnya mengeluarkan daftar orang-orang terkaya dunia. Tetapi seiiring dengan semakin maraknya penggunaan cryptocurrency atau mata uang digital yang melahirkan miliarder dunia, Forbes pun membuat daftar The Richest People In Cryptocurrency.

Dalam tulisannya yang dirilis pada Kamis, (8/2/2018) Forbes mencatat ada 19 orang yang menjadi miliarder mata uang virtual.

Benar apa yang sudah dikatakan Brock Pierce bahwa mata uang digital adalah kesempatn untuk menjadi trilyuner–seseorang yang berdampak positif bagi satu trilyun makhluk di planet ini.

Dalam daftar Forbes, mayoritas Miliarder mata uang digital berusia 30 tahunan dan usia termuda adalah 24 tahun. Mayoritas berprofesi di dunia mata uang virtual yang didominasi oleh Ripple dan Ethereum. Mereka adalah orang-orang yang terjun sejak awal bitcoin di perkenalkan.

Chris Larsen yang menjadi orang terkaya dalam Cryprocurrency atau mata uang virtual jika dibandingakan dalam daftar orang terkaya dunia The World’s Billionaire Forbes 2017, maka nilai kekayaannya akan ada diurutan 150an. Nilai kekayaan US$8 milyar sama dengan nilai kekayaan orang terkaya di Indonesia Michael Hartono.

Dalam tulisan tersebut, Forbes menuliskan bahwa dalam dunia cryptocurrency masa depan dapat tercipta dalam semalam di mana kecepatan adalah segalanya. Dan inilah daftar 19 miliarder mata uang virtual.

1. Chris Larsen (57 tahun)
Larsen merupakan pendiri Ripple. Ia pernah menjadi CEO di Ripple yang merupakan perusahaan penyedia layanan pembayaran internasional dengan teknologi blockchain. Kekayaannya berasal dari token yang diluncurkan Ripple yaitu sebesar 5,2 miliar XRP yang setara dengan 7,5 miliar-8 miliar dollar AS.

2. Joseph Lubin (53 tahun)
Lubin, salah satu pendiri Ethereum dan mantan eksekutif Goldman Sachs, memiliki nilai mata uang virtual antara 1 miliar-5 miliar dollar AS. Ia juga mendirikan Consensys, perusahaan yang membantu perusahaan dalam meluncurkan token dan mata uang virtual. Perusahaan tersebut mempekerjakan lebih dari 600 karyawan di 28 negara.

3.Changpeng Zhao (41 tahun)
Zhao atau yang banyak dikenal dengan inisial CZ merupakan pendiri sekaligus CEO perusahaan penukaran mata uang virtual terbesar di dunia Binance. Seperti yang diketahui, Binance telah digunakan lebih dari 6 juta pengguna. CZ memiliki nilai mata uang virtual sekitar 1 miliar-2 miliar dollar AS. Untuk menghindari aturan yang menghambat bisnisnya, Zhao memindahkan operasional Binance ke tiga negara.

4. Cameron dan Tyler Winklevoss (36 tahun)
Tyler dan saudara kembarnya Cameron, membeli bitcoin pada tahun 2012 dimana pada masa itu belum banyak orang yang mengenal bitcoin. Mereka lalu mendirikan Winklevoss Capital yang merupakan perusahaan penukaran crytocurrency yang berbasis di New York. Perusahaan tersebut setidaknya memproses $300 juta transaksi perhari. FOrbes menyebut keduanya memiliki nilai mata uang virtual sekitar 900 juta-1,1 miliar dollar AS.

5.Matthew Mellon (54 tahun)
Mellon, merupakan seorang bankir Ameruka dan juga investor. Pertama kali terjun ke dunia crytocurrency sempat mendapat peringatan dari teman-temannya. Matthew adalah investor awal XRP, token yang diluncurkan oleh Ripple yang fokus pada penciptaan teknologi blockchain bagi bank-bank besar. Kini ia memiliki nilai mata uang virtual sekitar 900 juta-1 miliar dollar AS.

6. Brian Armstrong (35 tahun)
Armstrong adalah CEO Coinbase, pusat penukaran mata uang virtual terbesar di AS. Ia memiliki nilai mata uang virtual antara 900 juta-1 miliar dollar AS.

7. Matthew Roszak
Ia pertama kali mengenal crytocurrency dari mempelajari bitcoin sejak 2011 dan ikut membeli Bitcoin saat pertama kali ditawarkan. Kekayaan mata uang virtualnya mencapai kisaran 900 juta-1 miliar dollar AS. Ia merupakan founder Tally Capital dan salah satu pendiri Bloq yang juga merupakan perusahaan blockchain technologi.

8. Anthoni Di Lorio (43 tahun)
Di Iorio merupakan pendiri Ethereum dan hingga saat ini masih berinvestasi di beragam jenis mata uang virtual. Kekayaan mata uang virtualnya berkisar antara 750 juta- 1 miliar dollar AS. Strateginya mengumpulkan kekayaan dari mata uang virtual adalah beli secepatnya dan setelah aset tersebut tumbuh maksimal ia segera melepasnya untuk membeli coin yang lebih menjanjikan. Selain mendirikan Ethereum, ia juga menjadi pendiri Jaxx dan Decentral.

9. Brock Pierce (37 tahun)
Pierce adalah mantan aktor cilik. Ia merupakan salah seorang yang masuk pertama di dunia digital currecy. Ia menjadi pendiri salah satu pionir mata uang virtual, yang mendanai banyak perusahaan terkait kripto, seperti Mastercoin, Coinbase, dan Ethereum. Kekayaan mata uang virtualnya berkisar 700 juta-1 miliar dollar AS.

10. Michael Novogratz (53 tahun)
Ia adalah mantan miliarder dan hedge fund manager terkemuka. Ia mulai berinvestasi di mata uang virtual pada tahun 2013 dan kekayaannya saat ini mencapai kisaran 700 juta-1 miliar dollar AS. Michael Novogratz saat ini menjadi CEO Galaxy Digital.

__

11. Brendan Blumer (31 tahun) : $600 – 700 juta : CEO Block.one
12. Dan Larimer (35 tahun) : $600 – 700 juta : CTO Block.one
13. Valery Vavilov (38 tahun) : $500 – 700 juta : CEO Bitfury
14. Charles Hoskinson (30 tahun) : $500 – 600 juta : Cofounder Ethereum
15. Brad Garlinghouse (47 tahun) : $400 – 500 juta : CEO Ripple
16. Barry Silbert (41 tahun) : $400 – 500 juta : CEO Digital Currency Group
17. Vitalik Buterin (24) : $400 – 500 juta : Creator Ethereum
18. Tim Draper (59 tahun) : $350 – 500 juta : Founder Draper Associates
19. Song Chi-Hyung (38 tahun) : $350 – 500 juta : Founder Upbit