2.252 WNI di Luar Negeri Terpapar Covid-19

  • Whatsapp
Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi

PURWOKERTO, HESTEK.ID-Warga Negara Indonesia (WNI) di luar negeri yang terpapar Covid-19, terus bertambah. Kementerian Luar Negeri (Kemlu) menyatakan, ada tambahan tiga WNI terpapar Covid-19 di Uni Emirat Arab (UEA).

Dengan tambahan tersebut, maka total WNI yang positif Covid-19 di luar negeri menjadi 2.252 tersebar di 73 negara. Hal itu disampaikan Kemlu melalui akun twitter @Kemlu_RI, Senin (14/12/2020) lalu.

Bacaan Lainnya

Dari jumlah tersebut, 1.543 di antaranya sudah sembuh, 161 meninggal, dan 548 dalam perawatan.

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan, pandemi Covid-19 memunculkan tantangan tambahan bagi demokrasi.

Beberapa pihak menilai, bahwa pembatasan atau lockdown yang dilakukan selama pandemi ini sebagai pengekangan kebebasan individu. Namun kata dia, tidak demikian yang terjadi.

Sebagaimana dikutip dari infopublik.id, pembatasan justru diperlukan guna mencegah munculnya risiko berkurangnya kebebasan dasar yang memang harus terus dihormati dan diimplementasikan.

Menlu menekankan pembatasan seperti itu juga harus terukur, agar tidak benar-benar menghilangkan hak kebebasan masyarakat.

Retno menyontohkan dengan dibentuknya komite untuk mitigasi Covid-19, dan pemulihan ekonomi yang setiap harinya dilakukan pembaharuan soal pengelolaan pandemi di Indonesia.(enq)

Pos terkait