MAKASSAR, Hestek.id – Masa kampanye dan proses pemilu 2019 boleh di kata telah selesai. KPU telah memutuskan nama – nama yang lolos dilegislatif juga telah mengumumkan siapa presiden dan wakil presiden peraih suara terbanyak. 

Dan, kita telah disuguhi beberapa peperangan pada proses itu. Tentu saja, peperangan yang dimaksud adalah perang medsos, perang hestek (#) salah satunya. 

Tentu kita ingat, bagaimana hestek telah digunakan masing – masing team sukses untuk melambungkan calonnya masing-masing. 

Bahkan, #INAelectionObserverSOS pernah merajai semua akun media sosial yang dipergunakan oleh salah satu pendukung capres. Tapi, apa sih fungsi hestek dan bagaimana memanfaatkannya. 

Berikut 5 fungsi hestek yang wajib kamu ketahui;

1. Melakukan Pengelompokan Konten

Fungsi hestek pada media sosial (Instagram, Facebook, atau Twitter) bukan hanya untuk mencari konten yang kamu inginkan, tapi juga bisa kamu gunakan untuk mengelompokan konten. Kamu bisa menambahkan hestek pada postingan, gambar, atau pada kegiatan/event kamu buat. Bahkan kamu juga bisa bikin hestek yang khusus milikmu. 

Jika kamu buat event diakun medsosmu, jangan lupa sertakan hestek pada event tersebut dan nanti semua update tentang event yang kamu buat akan terorganisir dan terkelompok dengan baik. Sehingga kamu dan orang-orang yang mengikuti event yang kamu buat dapat mengetahui perkembangan sebuah event.

Bagi orang-orang yang tidak mengikuti event tersebut namun tertarik mengikuti perkembangannya mereka bisa mengetikan hestek tentang event tersebut untuk mengetahui update terbaru tentang event tersebut.

2. Melakukan Pencarian Konten Yang Di Inginkan

Fungsi hestek pada medsos selanjutnya adalah untuk mencari konten yang diinginkan. Dengan hestek kamu bisa melakukan pencarian konten yang diinginkan, tentu saja konten yang akan kamu dapatkan adalah konten yang di share oleh sesama pengguna pada medsos tersebut. 

Bahkan, beberapa penyelenggara event menggunakan hestek yang sama yang nantinya di share ke semua akun medsos. 

Jadi, nantinya misal saat kamu ingin mencari konten yang berhubungan dengan Makassar Blues, maka kamu tinggal mengetikan #makassarblues pada search bar medsos dan semua konten yang berhubungan dengan Makassar Blues akan muncul di hadapan kamu.

3. Mengombinasikan Hestek Dan Mention Untuk Konten Yang Lebih Seru Dan Bermanfaat.

Fungsi hestek selanjutnya, kamu bisa mengombinasikan antara fitur hestek dan mention untuk membuat konten atau update status yang lebih kaya dan bermanfaat. 

Kamu bisa melakukan mention ke profile atau sebuah page dengan mengetikan @ (at) didepan nama profile atau page orang yang akan kamu mention. Dengan demikian obrolan kamu akan jadi lebih seru dan bermanfaat.

Misalnya saja rekan kamu si Bedu, ingin mencari informasi tentang sebuah event, event tersebut mempunyai hestek #NikahanAcce. Nah, kamu bisa memention temen kamu si bedu tersebut

@bedu Tanggal 11 nanti #NikahanAcce , Jangan sampai nggak dateng ya

 4. Posting Lintas Platform Antara Twitter, Facebook, dan Instagram

Fungsi hestek berikutnya adalah untuk melakukan posting lintas platform. Sekalipun masing – masing platform terus melakukan persaingan, tetapi saat ini ketiga akun tersebut dapat tersinkronisasi. 

Kamu dapat melakukan posting di facebook melalui twitter, atau posting di Facebook dan Twitter melalui Instagram. 

Itulah mengapa seringkali kamu mendapati temen kamu posting menggunakan hestek sebelum hestek benar-benar di support oleh facebook. banyaknya posting lintas platform ini mungkin yang membuat facebook akhirnya benar-benar mensupport fitur hestek. 

5. Branding Dan Promosi

Dengan hestek kamu bisa melakukan branding dan promosi pada facebook seperti yang telah booming pada Twitter. Mungkin bagi kamu dedengkot twitter pasti udah sering menjumpai sejumlah perusahaan yang menggunakan hestek pada twitter untuk melakukan promosi dan ledakan bisnis di sosial media. 

Misalnya saja sebuah perusahaan kopi sebut saja Kopi Lih mengadakan event dan promosi dengan memboomingkan hestek #Magaimusedding.

Nah, itu beberapa fungsi hestek yang patut kamu ketahui dan dapat kamu manfaatkan dengan maksimal. Jangan lupa, baca hestek yah.*