768 Nakes di Banyumas Akan Disuntik dengan Vaksin Sisa, Kok Bisa?

  • Whatsapp
Tenaga kesehatan Banyumas, sedang disuntik vaksin Sinovac dosis pertama di Puskesmas Kembaran, beberapa waktu lalu. HESTEK/Gilang

BANYUMAS, hestek.id – Tenaga kesehatan di Banyumas yang belum terdata sebagai penerima, bakal segera disuntik dengan sisa vaksin Sinovac yang batal disuntikkan pada vaksinasi tahap pertama.

kepala Dinas Kesehatan Banyumas, Sadiyanto mengatakan, pada tahap pertama lalu ada 768 jatah vaksin yang gagal disuntikkan karena calon penerimanya tidak memenuhi syarat.

Bacaan Lainnya


Cari Informasi Viral Di Kolom Pencarian

“Sisa vaksin Sinovac dosis pertama yang gagal disuntikkan, bakal disuntikkan ke penerima lain yang sebelumnya belum terdata. Pokoknya vaksin yang belum terpakai, tetap akan dihabiskan,” katanya, Rabu (10/2/2021).

Menurutnya, ada beberapa alasan yang membuat penerima vaksin gagal disuntik Sinovac. Ada nakes yang sedang hamil, ada juga yang sudah pernah terkena Covid-19, dan juga punya penyakit tertentu.

“768 vaksin dosis pertama yang tersisa, akan dialihkan ke nakes lain. Kita kan masih ada sekitar 3.000-an yang belum terdaftar sebelumnya,” katanya.

Selain itu, vaksinasi untuk 319 orang nakes yang sebelumnya tertunda secara bertahap diselesaikan.

“Waktunya menyesuaikan, untuk dosis kedua berjarak 14 hari,” kata dia

Capaian vaksinasi periode pertama di Banyumas, hanya sekitar 89 persen dari total 9.754 sasaran. (CR2)

Pos terkait