Ada Santunan Kematian, Hibah UMKM Hingga Subsidi Penangguran di Purbalingga, Begini Cara Pengajuannya

  • Whatsapp
Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi saat memimpin apel pagi di Kecamatan Bukateja, Senin (1/3/2021). HESTEK/Humas Pemkab Purbalingga

PURBALINGGA, hestek.id – Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi mengeluarkan Kartu Prakerja bagi warga Purbalingga yang kehilangan pekerjaan akibat pandemi Covid-19. Tak hanya itu, pemerintah juga memberikan santunan kematian bagi warga yang masuk golongan tidak mampu.

“Kartu Prakerja ini bagi mereka-mereka yang kemarin kehilangan pekerjaannya dan belum tercover dengan bantuan dari pusat. Nanti akan kami data, tentunya data ini mulai dari bottom-up, dari tingkat desa,” kata @dyahhayuningpratiwi saat memimpin apel pagi di Kecamatan Bukateja, Senin (1/3/2021).

Bacaan Lainnya

Sementara untuk program santunan kematian, rencananya diberikan kepada ahli waris dari keluarga yang tidak mampu. Santunan tersebut tidak dipatok khusus untuk kematian akibat Covid-19, namun untuk semua kasus kematian.

“Sistem pelaporannya juga berjenjang mulai dari tingkat desa, kecamatan  sampai kabupaten,” jelasnya.

Tak hanya itu, dalam rangka pemulihan ekonomi, Tiwi juga tengah menggodok program hibah kepada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), kelompok tani dan kelompok pegiat wisata.

“Anggaran hibah ini mulai dari nilai Rp 10 – 30 juta, yang nanti akan digelontorkan kepada masyarakat untuk memastikan agar pertanian, UMKM dan juga wisata ini bisa terus bergerak ditengah pandemi Covid-19,” tutur Tiwi.

Disamping tiga porgram itu, prioritas pemkab yang akan dikebut adalah pembenahan infrastruktur jalan dan jembatan. Sebab, isu ini menjadi salah satu yang disorot masyarakat di media sosial. Dia meminta seluruh Kepala Desa untuk berbenah bersama untuk menyelesaikan masalah jalan.

“Jalan kabupaten menjadi tanggungjawab pemerintah daerah, sebaliknya jalan desa menjadi tanggungjawab pak kades dan bu kades yang ada di wilayah.” jelasnya. (Gilang Grahita)

Pos terkait