Akhir Jabatan Bupati Kebumen, Terimakasih Gus Yazid

  • Whatsapp

KEBUMEN, hestek.id – Tepat Rabu (17/2/2021), satu periode kepemimpinan telah dilalui oleh Bupati Kebumen, H Yazid Mahfudz. Sosok pria yang akrab disapa Gus Yazid ini membawa kesan bagi sejumlah lapisan elemen masyarakat.

Seperti diungkapkan oleh Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kebumen Zaeni Miftah. Menurutnya, selama memimpin masyarakat Kebumen, sosok Gus Yazid dinilai telah melakukan yang terbaik meski masih terdapat kekurangan.

Bacaan Lainnya

“Banyak hal yang telah beliau perbuat untuk Kebumen tercinta. Bahwa semua belum tuntas tentu, kami maklum adanya. Terimakasih Gus,” tulis Zaeni dalam akun Facebooknya, Senin (15/2/2021).

Hal senada diungkapkan, Ketua PCNU Kebumen, KH Dawammudin Masdar. Menurutnya, Gus Yazid tak terlepas sebagai layaknya manusia biasa, memiliki kekurangan maupun kelebihan dalam mengemban amanah menjadi seorang bupati.

Namun begitu, dia melihat terdapat hal konkret yang telah dilakukan, dimana periodisasi Bupati dan Wakil Bupati Kebumen terdahulu belum terealisasi.

“Masing- masing bupati ada plus-minusnya. Tapi bupati sekarang KH Yazid Mahfudz ada tinggalan yang oleh bupati-bupati sebelumnya belum pernah terealisasikan dan sekarang terselesaikan. Semoga berkah,” ujar Dawam.

Bupati Kebumen, Yazid Mahfudz. HESTEK.ID/dok. Prokopim Kebumen

Lima tahun tentu waktu yang singkat untuk melayani sekitar 1,2 juta jumlah penduduk Kebumen. Namun sejumlah perubahan nyata nampak membawa Kebumen ke arah yang lebih baik.

Dari data yang dihimpun hestek.id, perkembangan di berbagai sektor membuat ‘Bumi Beriman’ perlahan mampu menghapus stigma sebagai wilayah miskin di Jawa Tengah.

Beberapa prestasi yang ditorehkan Bupati Yazid selama menjabat, yakni membuat mega proyek Geopark Nasional Karangsambung-Karangbolong (GNKK). Yazid mampun menyulap hamparan alam pegunungan karst menjadi lahan konservasi dengan konsep ekowisata.

Selain itu, pelayanan publik di Kebumen juga semakin baik dengan hadirnya Mall Pelayanan Publik di eks bangunan Gedung Juang, Jalan Indrakila. Langkah ini dilakukan sebagai bentuk peningkatan kualitas pelayanan yang menghadirkan loket investasi maupun non-investasi.

Kabupaten Kebumen juga sempat meraih penghargaan Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia dari Kementerian Hukum dan HAM selama lima tahun berturut-turut. Tingkat pelayanan infrastruktur wilayah, seperti cakupan layanan komunikasi pun terus dibenahi, sehingga menjangkau ke seluruh desa.

Prestasi lain yang diraih, seperti menjadi Kabupaten Sangat Inovatif dalam ajang Innovative Goverment Award (IGA) 2020 dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Di tahun yang sama, Kemendagri juga memberi penghargaan atas Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) dengan status kinerja ‘Sangat Tinggi’.

Pemerintah Kabupaten Kebumen juga berhasil mempertahankan predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2019. Opini WTP juga diraih Kebumen di tahun 2017 dan 2018. Prestasi itu menunjukkan, Kabupaten Kebumen telah mengelola keuangan daerah dengan baik. (M Hafied)

Pos terkait