Arif-Rista Ditetapkan Jadi Bupati dan Wakil Bupati Kebumen Setelah Putusan MK

  • Whatsapp
Komisioner KPU Kebumen, Agus Hasan Hidayat.

KEBUMEN, hestek.id- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kebumen masih menunggu putusan Mahkamah Konstitusi (MK) dan instruksi KPU RI tentang tahapan penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih hasil pemungutan suara pada Pilkada pada 9 Desember lalu.


Cari Informasi Viral Di Kolom Pencarian

“Terkait tahapan penetapan bupati terpilih, masih menunggu surat dari KPU RI,” jelas Komisioner KPU Kebumen, Agus Hasan Hidayat, Jumat (15/1/2021).

Bacaan Lainnya

Nantinya, lanjut Agus, MK akan mengeluarkan Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) sebagai dasar bahwa tidak ada gugatan terhadap prosesi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kebumen.

“Surat keputusan MK tentang tidak adanya sengketa, sifatnya serentak atau bersamaan dengan kabupaten atau kota lainnya,” terangnya.

Berdasarkan informasi yang diterima KPU Kebumen, BRPK akan diterbitkan pada 18 Januari mendatang. Sementara mengacu PKPU Nomor 19 Tahun 2020, dijelaskan rekapitulasi penetapan bupati dan wakil bupati terpilih paling lama setelah terbit BRPK oleh MK.

“18 januari 2020 diterbitkannya e-BRPK. Penetapan pemenang ditentukan oleh masing-masing KPU yang Pilkada sesuai jadwal dan tahapan Pilkada,” paparnya.

Agus menegaskan, mengingat pelaksanaan penetapan bupati dan wakil bupati terpilih dimasa pandemi. Maka pihaknya akan menjalankan penetapan tersebut sesuai protocol kesehatan yang ditetapkan.

“Tetap memperhatikan protokol Covid-19 dan berkoordinsi dengan pihak terkait atau Satgas Covid-19,” tutupnya.

Sekedar diketahui, berdasar rapat pleno rekapitulasi perhitunga suara Pilkada serentak 2020 yang digelar KPU Kebumen, pasangan calon Arif Sugiyanto-Ristawati Purwaningsih (Arif-Rista) unggul perolehan suara dari kotak kosong.

Pasangan ini diusung oleh sembilan partai yang memiliki kursi parlemen di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kebumen. Calon tunggal ini berhasil mengantongi 389.463 suara. Sementara kotak kosong sebanyak 250.821 suara. (hafied)

Pos terkait