Bakal Ada Kampus Islam Negeri Saifuddin Zuhri di Purbaligga, Begini Penampakannya

  • Whatsapp
Gambar 3D calon kampus UIN Saifuddin Zuhri

PURBALINGGA, hestek.id – Purbalingga akan memiliki kampus negeri pertama. Universitas Islam Negeri (UIN) Saifuddin Zuhri yang akan dibangun tepatnya di Kelurahan Karangsentul, Kecamatan Padamara.

Rencananya, proyek pembangunan akan rampung dalam lima tahun. Hal itu disampaikan oleh Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto, Dr Mohammad Roqib saat audiensi dengan Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, Selasa (16/3/2021).

Bacaan Lainnya

“Kampus di Karangsentul akan dibangun dengan skema multiyears mulai dari 2021 sampai 2025,” kata Roqib.

Gambar 3D calon kampus UIN Saifuddin Zuhri

Tahap terama tahun 2021 rencanannya akan dimulai pembangunan pagar keliling Rp 2,5 milyar dari anggaran Daftar Isian Pelaksana Anggaran (DIPA) IAIN Purwokerto.

Bangunan gedung, kata Roqib, akan mulai dikerjakan maraton pada tahun 2022- 2024 dengan pos anggaran dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).

“Pelaksanaan proyek akan melalui seleksi dan kompetisi di Bappenas. Keseluruhan pembangunan yang bersumber dari SBSN total anggaran sebesar Rp 148 miliar,” katanya.

UIN Saifuddin Zuhri

Roqib melanjutkan, sesuai jadwal tahun 2022 akan dilakukan Pembangunan Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek) dengan dana Rp 37,6 miliar. Tahun 2023 pembangunan kampus industri kreatif dan dua laboratorium Rp 75,2 miliar lalu tahun 2024 dilanjutkan pembangunan auditorium Rp 35,4 miliar.

“Tahun 2025 masjid kampus dana DIPA IAIN Purwokerto dibangun dua lantai dengan kapasitas 2000 jamaah. Di depannya akan ada danaunya,” katanya.

Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi siap membuat pernyataan penyerahan hak atas tanah Pemkab Purbalingga di Karangsentul untuk Pemerintah RI (Kementerian Agama RI).

Tiwi berharap, IAIN Purwokerto yang akan berevolusi menjadi UIN Saifuddin Zuhri di Purbalingga dapat memberi kemaslahatan bagi masyarakat Kabupaten Purbalingga.

Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto, Dr Mohammad Roqib saat audiensi dengan Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, Selasa (16/3/2021). HESTEK/Humas Purbalingga

“Semoga pembangunan UIN Saifuddin Zuhri bisa sesuai jadwal dan bisa berdampak peningkatan IPM (Indeks Pembangunan Manusia, red) Kabupaten Purbalingga,” katanya.

Bupati juga berharap agar UIN Saifuddin Zuhri ke depan diharapkan memberi beasiswa untuk putra-putri daerah, khususnya yang ekonomi lemah. Tentunya agar bisa merasakan jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Tahun 2022 Pemkab Purbalingga juga akan melakukan pelebaran dan peningkatan jalan dari Tobong – Karangjengkol dalam rangka menunjang akses ke UIN Saifuddin Zuhri yang juga akan dibangun di Desa Karangjengkol.

“Banyak lahan di Desa Karangjengkol milik Pemda, akan dikerjasamakan dengan LIPI yang cukup potensial untuk dijadikan Geopark,” katanya. (Gilang Grahita)

Pos terkait