Banjarnegara Segera Pangkas Jabatan-jabatan Struktural

  • Whatsapp
Sekda Banjarnegara, Drs Indarto MSi memimpin rapat terkait penyederhanaan birokrasi di Banjarnegara. foto:https://banjarnegarakab.go.id/

BANJARNEGARA, hestek.id – Simplifikasi birokrasi bakal jadi pekerjaan rumah untuk Pemerintah Kabupaten Banjarnegara. Hal ini menyusul pada ketentuan terbaru system birokrasi pemerintahan.

Saat ini, Kabupaten Dhawet Ayu ini tengah bersiap menyederhanakan birorkasi. Kabarnya, di Banjarnegara, hanya aka nada eselon II dan III yang dipertahankan di level jabatan structural. Sementara level eselon IV akan dialihkan ke jabatan-jabatan fungsional.

“Sebagai langkah awal, yang perlu kita lakukan adalah pengisian kekosongan pejabat di eselon III dan IV. Sehingga pada saat perubahan tersebut dijalankan, posisi posisi yang dimaksud sudah siap personilnya,” kata Sekda Drs Indarto MSi.

Dalam pidato tersebut juga disebutkan, bahwa Pemerintah menargetkan penyederhanaan birokrasi instansi di tingkat pusat maupun tingkat daerah selesai pada 30 Juni 2021. Target ini mundur dari sebelumnya ditarget selesai 31 Desember 2020, mundurnya target penyederhanaan birokrasi lantaran adanya pandemi Covid-19.

“Sesuai petunjuk, eselon IV atau jabatan pegawas agar dialihkan ke jabatan fungsional tertentu, namun sampai saat ini belum ada satupun regulasi yang mengatur tentang penyederhanaan birokrasi, sehingga dalam upaya mengantisipasi permintaan identifikasi jabatan dalam rangka penyederhanaan birokrasi kita mengidentifikasi sampai ke eselon III yang potensial untuk disederhanakan,” kata dia.


Cari Informasi Viral Di Kolom Pencarian

Sementara, dari pihak Kemendagri memberi batas waktu identifikasi jabatan yang potensial disederhanakan paling lambat tanggal 30 April 2021. Dengan demikian, diminta OPD yang saat ini belum mengirimkan hasil identifikasi jabatan struktural yang potensial dialihkan ke JFT untuk bisa mengirimkan paling lambat 26 April 2021.  Masih ada 5 OPD yang belum mengirimkan hasil identifikasi, yakni BKD, Dinhub, Dinkominfo dan Sekretariat DPRD. (hestek.id)

Pos terkait