Banyumas Siapkan Tempat Karantina untuk Perantau yang Nekat Mudik

  • Whatsapp
Lokasi karantina massal yang disiapkan Pemkab Banyumas bagi para pemudik di GOR Satria Purwokerto. [Suara.com/AnangFirmansyah]

PURWOKERTO, hestek.id – Pemerintah Kabupaten Banyumas menyiapkan lokasi karantina massal bagi perantau yang nekat pulang kampung di masa libur Lebaran 2021 ini. Sama seperti proses karantina massal sebelumnya, GOR Satria Purwokerto juga menjadi pilihan lokasi pertama buat Pemkab.

Petugas BPBD Kabupaten Banyumas, Rudi Setiawan menjelaskan saat ini perintah pemanfaatan lokasi karantina sama seperti waktu peniadaan mudik pada bulan Ramadan dan hari raya Idul  Fitri besok.

Bacaan Lainnya

“Untuk pelaksanaannya sesuai aturan pemerintah. Tapi kan biasa, apakah ada perkembangan atau tidak nanti kebijakan dari pimpinan,” katanya seperti dikutip jaringan hestek.id, suara.com.

Untuk tahap awal, lokasi karantina yang disiapkan di lapangan futsal, sama seperti tahun lalu. Namun tidak menutup kemungkinan bisa ditambah dengan tempat lain jika pemudik ternyata membludak.

“Kapasitas nya di lapangan futsal ini 100 tempat tidur. Dibagi rata untuk pria dan wanita. Kita pakai velbed. Tapi ada ruangan khusus juga yang disekat untuk ibu menyusui ataupun yang lebih membutuhkan privasi. Selain itu juga ada 2 musala,” jelasnya.


Cari Informasi Viral Di Kolom Pencarian

Saat tiba di lokasi karantina, pemudik wajib menjalani tes antigen sebelum menempati. Jika hasilnya positif maka akan langsung dibawa ke Balai Diklat Baturraden, tempat lokasi isolasi para pasien Covid-19.(hestek.id)

Pos terkait