Beberapa Jam Setelah Divaksin Covid-19, Seorang Lansia Meninggal di RSUD Banyumas

  • Whatsapp
Kepala Dinas Kesehatan Banyumas, Sadiyanto. HESTEK/Dedy

PURWOKERTO, hestek.id – Seorang warga lanjut usia (lansia) perempuan berusia 74 tahun yang terdaftar sebagai warga Kedunggede Kecamatan Banyumas, meninggal dunia usai disuntik vaksin, Senin (9/3/2021).

Kabar ini dibenarkan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banyumas, Sadiyanto.

Bacaan Lainnya

“Iya benar. Kemarin kita lakukan vaksinasi sebanyak 2.500 untuk lansia. Satu orang meninggal semalam, memang siangnya habis divaksin,” katanya, Selasa (10/3/2021).


Cari Informasi Viral Di Kolom Pencarian

Menurutnya, pada vaksinasi tahap pertama itu, lansia asal Banyumas tersebut sudah melalui prosedur.

“Sebelum disuntik yang bersangkutan sudah diskrining. Ia dinyatakan lolos dari pemeriksaan kesehatan tersebut. Usai vaksinasi juga baik-baik saja di ruang observasi selama 30 menit,” katanya.

Berdasar Informasi yang didapat Sadiyanto, lansia ini setelah divaksin tetap beraktifitas seperti biasa. Namun sekira pukul 6 sore, tiba-tiba duduk di lantai dan merasa lemas.

“Akhirnya dibawa ke RSUD Banyumas. Namun, sekira pukul 19.00 WIB meninggal,” katanya.

Atas temuan ini, Dinkes belum bisa memberikan keterangan lebih karena kejadian ini tengah diperiksa tim yang menangani kejadian ikutan pasca imunisasi (Kipi).

“Saya belum bisa memberikan keterangn lebih. kita tunggu laporan resmi dulu dari tim Kipi,” katanya.

Ia menambahkan, vaksin yang diberikan sesuai dengan instruksi dari pemerintah pusat dan sudah dilakukan sesuai prosedur.

“Pemerintah pusat telah mengijinkan pemberian vaksin untuk lansia, dengan sejumlah kajian. sehingga Ini aman,” katanya. (Anas Masruri)

Pos terkait