Biawak Raksasa di Tengah Kota Purwokerto Ini Ditangkap Warga dengan Tangan Kosong, Segini Ukurannya

  • Whatsapp
Biawak raksasa yang berhasil ditangkap Sunarto di Kali Kranji Purwokerto, Minggu (21/2/2021). HESTEK/Gilang

BANYUMAS, hestek.id – Warga Purwokerto digegerkan dengan viralnya foto penangkapan biawak raksasa oleh warga RT01 RW 01 kelurahan Kranji, Minggu (21/2/2021) kemarin.

Biawak air tawar dengan nama latin Varanus Salvator tersebut, ditangkap oleh Sunarto (43) bersama kawannya Taufik dan anak laki-lakinya Rizky Tri Saputra, di Kali Kranji dekat Masjid Jenderal Soedirman, Purwokerto. Sebelumnya, mereka dapat informasi dari temannya yang membagikan foto biawak berukuran raksasa tersebut.

Bacaan Lainnya

“Sebelumnya dapat foto dari teman, tapi tidak dikasih tahu tempatnya di mana. Setelah saya telusuri, ternyata ada di Kali Kranji dekat Masjid Jenderal Soedirman,” kata Sunarto.

Biawak raksasa hampir dua meter tersebut, kata dia, sudah menjadi incaran para pemburu. Tapi belum ada yang berhasil menangkapnya. Sunarto merasa beruntung, karena ketika mengecek ke lokasi biawak tersebut sedang berjemur di tempat terbuka.

“Biawak ini sejak 2019 jadi incaran. Tapi tidak bisa ditangkap, ditembak juga gak mempan. Kebetulan pas hoki, anjing kita langsung lari mengejar biawak yang lagi berjemur di pinggir kali,” katanya.

Sunarto berhasil menangkapnya dengan tangan kosong. HESTEK/Istimewa

Melihat dua ekor anjingnya bergelut dengan biawak, Sunarto, Taufik dan anaknya, langsung lari dan menangkapnya dengan tangan kosong.

“Pas nangkap lagi nggak bawa bedhil. Kami kejar dan tarik ekornya,” katanya.

Saat ini biawak tersebut berada di rumah Sunarto, di dekat Simpang Palma. Sunarto berniat menjual biawak tersebut kepada penawar tertinggi.

“Kemarin ada yang nawar Rp300 ribu, belum dilepas,” ujarnya. (CR2)

Pos terkait