Buaya Waduk Mrican Jadi Koleksi Baru di Serulingmas

  • Whatsapp
Buaya muara yang terjaring warga di Waduk Mrican Banjarnegara, kini menjadi koleksi baru di Serulingmas.

BANJARNEGARA, HESTEK.ID-Buaya muara (Crocodylus Porosus) yang tertangkap di perairan Waduk Mrican atau Bendungan Panglima Besar Jenderal Sudirman, Banjarnegara, sekarang jadi koleksi baru di Taman Rekreasi Margasatwa Serulingmas (TRMS) Banjarnegara.

Penyerahan dilakukan oleh Kepala Desa Wanakarsa, Kecamatan Wanadadi, Erna Ariyanti, kepada manajemen perusahaan milik Pemerintah Kabupaten Banjarnegara tersebut.

Marketing TRMS, Novrizal Alamsyah Diantara mengatakan, penyerahan satwa dilindungi tersebut dilakukan, Kamis (10/12/2020).

“Buaya jantan ini sehat, jenisnya buaya muara, bobotnya delapan kilogram. Kami perkirakan usianya sekitar dua tahun,” katanya, Jumat (11/12/2020).

Novrizal mengungkapkan, ini kali kedua pihak Serulingmas mendapatkan hibah buaya tangkapan. Sebelumnya pada 2018, pihaknya mendapatkan hibah buaya yang ditangkap di hulu Sungai Serayu.

“Jadi sekarang koleksi Serulingmas ada tujuh buaya. Enam buaya muara dan satu buaya Senyulong,” terangnya.

Buaya dari Waduk Mrican saat ini masih diisolasi, sebelum dicampurkan sekandang dengan buaya lain. Isolasi dilakukan selama tiga hari, sembari mengurus surat hibah dan berita acara dari Balai Konservasi Sumberdaya Alam.

Diberitakan sebelumnya, seekor buaya berukuran 1 meter ditangkap warga dari perairan Waduk Mrican. Predator yang diduga berjenis buaya muara ini terjerat perangkap ikan yang ditebar oleh nelayan bernama Roni Prasetyawan (25).

Kepala Desa Wanakarsa, Kecamatan Wanadadi, Erna Ariyanti mengatakan, warga setempat meyakini masih ada buaya lain di perairan sekitar waduk. Untuk itu, dia mengimbau masyarakat agar lebih waspada saat beraktifitas di sekitar waduk. Terlebih saat ini debit waduk tengah surut sehingga ruang gerak satwa air dimungkinkan semakin sempit. (bal)


Cari Informasi Viral Di Kolom Pencarian

Pos terkait