Bupati Banjarnegara Launching SIDARA, Pemdes Ditantang Miliki Ide Out of The Box

  • Whatsapp
(FOTO/IST/HESTEK)

BANJARNEGARA, hestek.id – Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono melakukan soft launching Sistem Pengelolaan Informasi Potensi Desa di Kabupaten Banjarnegara (SIDARA) di Cafe Tikako Kalilunjar, Kamis (26/8/2021). SIDARA adalah sistem yang digagas Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (Dispermades-PPKB) Kabupaten Banjarnegara.

Bupati Budhi Sarwono dalam sambutannya memberikan apresiasi khusus kepada Dispermades yang telah mewujudkan sistem informasi SIDARA. Menurutnya, saat ini sudah saatnya kinerja pemerintah Desa harus mulai merumuskan kearah kemandirian desa.

“Inilah waktunya panjenengan semua sudah harus melangkah ke arah inovasi, yaitu gagasan-gagasan baru, ide-ide yang out of the box, strategi yang matang untuk menuju perubahan kearah yang lebih baik dan maju. Dan adanya aplikasi SIDARA ini merupakan salah satu solusi bagi aparat untuk mewujudkan inovasi dan langkah-langkah segar pembaruan,” kata dia.

Bupati juga berharap, SIDARA dapat terintegrasi dengan Kecamatan maupun Dispermades. Itu artinya, sistem pengawasan dan pembinaan akan lebih mudah terkontrol, di samping itu penyediaan data yang akurat akan lebih sinkron antara data di desa dengan data yang ada di tingkat kabupaten.
“Harapannya kami ke depan, inovasi ini dapat menjadikan embrio bagi pemerintah desa di Banjarnegara agar mampu bersaing dan menciptakan peluang positif di era industri 4.0,” kata dia.

Kepala Dispermades PPKB Kabupaten Banjarnegara, Hendro Cahyono SE MSi, dalam laporannya menjelaskan, bahwa dalam mewujudkan peningkatan perkembangan desa, perlu diadakan suatu terobosan peningkatan Sinergitas Pengelolaan Informasi Potensi Desa di Kabupaten Banjarnegara.

“Sebagai salah satu aksi kami dalam penerapan inovasi dimaksud adalah dengan mengintegrasikan Sistem Informasi Desa melalui aplikasi SIDARA. Untuk ini sudah ada penambahan panel data potensi desa, menjadi terpusat satu data di tingkat kabupaten yakni di DispermadesPPKB dan tingkat kecamatan yakni di kantor camat masing-masing,” jelasnya.

Namun, pihaknya mengakui, bahwa inovasi tersebut merupakan hal baru bagi pemerintah desa, maka implementasinya pun masih secara bertahap terlebih dahulu di (satu) kecamatan, yakni Kecamatan Banjarmangu, selaku pilot project. Dia juga optimis, setelah adanya evaluasi yang mengarah pada kesuksesan penerapannya di lapangan, Dispermades-PPKB akan mulai mengimplementasikan ke seluruh desa di Banjarnegara dalam waktu yang tidak terlalu lama. Untuk saat ini, aplikasi SIDARA diakses melalui alamat http://sidara.smartvillage.center/

Pada kesempatan itu, Bupati Banjarnegara juga menyerahkan piala pada Lomba Administrasi Desa Tingkat Kabupaten, yakni Sebagai Juara 1 Desa Kalilunjar Kecamatan Banjarmangu, Juara 2 diraih oleh Desa Kebutuhjurang Kecamatan Pagedongan, sementara Juara 3 disabet Desa Petambakan Kecamatan Madukara.(tha)

Pos terkait