Bupati Kebumen Terpilih Bakal Hapus dan Lebur Bapenda, BPKAD dan Disperkim-LH

  • Whatsapp
Bupati Kebumen terpilih, Arif Sugiyanto.HESTEK/Istimewa

KEBUMEN, hestek.id – Pascaditetapkan sebagai Bupati Kebumen terpilih, Arif Sugiyanto berencana menghapus dua dinas di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen. Dua dinas tersebut, kata Arif, akan dilebur dengna dinas lain untuk efiesiensi kinerja para Aparatur Sipil Negara (ASN) di dalamnya.

Arif menyebut, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) akan digabungkan dengan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD).

Bacaan Lainnya

Kemudian Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Disperkim-LH). Dinas ini akan dihapus, dan dipisah.

Perumahan dan Kawasan Permukiman atau Perkim akan digabungkan dengan Dinas Perhubungan (Dishub). Sedangkan Lingkungan Hidup atau LH akan digabungkan dengan Dinas Kelautan Dan Perikanan (Dinlutkan).

“Ini kami lakukan mengingat jumlah ASN terbatas, sehingga perlu sekali adanya efektifitas dalam bekerja. Sehingga kami pandang dua dinas ini memang perlu dileburkan,” jelas dia, saat Saresehan bersama Kepala Desa se Kecamatan Prembun, Senin (25/1/2021) malam.

Arif menilai, sejauh ini antar dinas masih terjadi tumpang tindih tupoksi dan anggaran. Persoalan ini membuat roda pemerintahan tidak efisien. Selain itu, langkah peleburan dinas akan berimbas pada efisiensi SDM yang terbatas.

“Pendapatan daerah serta aset daerah juga mengikuti. ASN bisa terpacu agar lebih giat lagi berkerja maksimal untuk masyarakat,” tutupnya. (M Hafied)

Pos terkait