NIAS, Hestek.id –Pemerintah Kabupaten Nias melalui Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Kartu Indonesia Sehat (KIS) terus meningkatkan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakatnya.

Hal ini disampaikan langsung oleh Bupati Nias, Drs.Sokhiatulo Laoli di ruang kerjanya. Kamis (2/5).

Menurutnya, Program JKN KIS yang dilaksanakan oleh BPJS Kesehatan berjalan dengan lancar dan dapat terus memberikan dampak positif.

“Program JKN KIS ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, terutama adanya jaminan ketika masyarakat mengalami sakit dan berobat dan diberikan fasilitas kesehatan. Di samping itu, pemerintah daerah berupaya untuk memenuhi standar fasilitas, tenaga dan kualitas pelayanan, sehingga mutu pelayanan akan semakin baik dan semakin meningkat.” Ungkap Sekjend Aspeksindo ini.

Selain itu, Sokhiatulo Laoli juga menyampaikan bahwa komunikasi dan koordinasi antara BPJS Kesehatan dan Pemerintah Kabupaten Nias berjalan dengan baik. Hal ini terwujud melalui rapat koordinasi forum pemangku kepentingan yang dilaksanakan tiap triwulan.

Bupati Nias mengharapkan agar BPJS Kesehatan selaku penyelenggara program JKN KIS agar terus memperbaiki regulasi terkait pelayanan kepada peserta, terutama terkait prosedur pelayanan, pelayanan yang dijamin serta kemudahan persyaratan dalam memanfaatkan pelayanan.

“Selanjutnya, BPJS kesehatan dapat meningkatkan alokasi anggaran untuk pendidikan dan pelatihan bagi tenaga kesehatan, dan yang paling penting adalah meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat pada berbagai tingkatan, sehingga masyarakat dapat memahami dan memanfaatkan program ini semaksimal mungkin,” Tutupnya.