JERMAN, HESTER.id – Satu lagi talenta Indonesia yang berhasil mengikuti kompetisi menyanyi di luar negeri. Dia adalah Robinto yang mengikuti acara Deutschland Sucht den Superstar (DSDS) 2018.

Di acara tersebut, Robinto mengungkapkan jika ia berasal dari Kalimantan Barat Indonesia. Di audisi, Robinto membawakan lagu Bring Him Home karya Josh Groban. Penampilannya pun memukau juri yang tak ragu memberikan golden tiket. Kini Robinto harus terus berjuang di kompetisi DSDS agar bisa mendapatkan hasil terbaik.

Robinto mengikuti German Idol karena termotivasi dengan keberhasilan Astrid yang sukses di Swiss Got Talent dan juga Fia dan Anna yang memukau di British Got Talent 2016.

Melalui laman Youtubenya, Robinto menceritakan jika tak mudah bagi dirinya untuk lolos di ajang tersebut. Ia pertama kali harus mengikuti audisi tingkat Kota di Muenchen dan harus mengikuti hingga 5 audisi sebelum bertemu dengan juri sebenarnya yang disiarkan di televisi.

Robinto menceritakan bahwa Deutschland Sucht den Superstar (DSDS) 2018 diikuti oleh beragam peserta yang berasal dari berbagai negara.

Robinto yang kini berusia 24 tahun berasal Desa Kelampai Setolo Kecamatan Meranti Kabupaten Landak Kalimantan Barat. Ia menyelesaikan pendidikan SMPnya di Bhakti Berbernadinus dan SMA di SMAN 1 Bengkayang lulus tahun 2011.

Lahir dari keluarga sederhana, Robinto menceritakan ia pernah bekerja sebagai penagih koperasi di daerah Sintang. Pekerjaan tersebut dilakoninya saat lulus SMA. Ia juga pernah bekerja di restoran. Lalu kemudian ia berfikir bahwa pendidikanlah yang mengubah masa depan.

Ia sebenarnya lulus di Universitas Negeri Jakarta, hanya saja karena hanya naik kapal dari Kalimantan Barat ke Jakarta ia telat tiba. Hingga kemudian ia masuk berkuliah di salah satu universitas Islam di Jakarta mengambil jurusan keperawatan dan lulus setelah berkuliah 3 tahun.

“Gue bawa uang ke Jakarta cuma 4 juta, itupun waktu itu orang tua gue minjam,” ungkapnya melalui videonya di Youtube.

Kisahnya di Jakarta penuh keperihatinan. Ia tinggal di sekertariat organisasi kampus yang diikutinya atau numpang di kos temannya, termasuk juga harus menjadi pengamen.

Bakat menyanyi mulai terasah saat ia duduk di bangku SMP dan SMA dengan aktif mengikuti paduan suara.

Robinto kini tinggal di Muenchen Jerman dan berharap penampilannya di Jerman Idol bisa memotivasi orang lain yang memiliki cita-cita besar.

Dari berbagai video di Youtubenya ia menceritakan bahwa masa susah yang dialaminya dulu tidak meruntuhkan semangatnya untuk kuliah di Jerman dan menjadi seperti saat ini.