Cukup Isolasi Mandiri 9 Hari, OTG Tak Perlu Swab Ulang

  • Whatsapp
Bupati Banyumas, Ir Achmad Husein.

PURWOKERTO, HESTEK.ID-Semua sudah tahu kan, kalau testing atau uji keberadaan virus Corona dengan metode swab test PCR itu penting dalam upaya pengendalian pandemi Covid-19.

Menariknya, ada aturan baru soal swab test ini. Uji usap kedua bagi kasus positif Covid-19 yang tanpa gejala (OTG), bergejala ringan, dan sedang, tidak bakal dilakukan lagi untuk memastikan kesembuhan mereka.

Bacaan Lainnya

Kalau kata Bupati Banyumas, Achmad Husein, sekarang penanganan OTG dan bergejala ringan ini cukup diswab satu kali sudah bisa dipastikan aman.

“Supaya tidak simpang siur, informasi ini harus disampaikan kepada masyarakat secara lengkap. Jadi gak menimbulkan keresahan,” katanya, Sabtu (12/12/2020).

Aturan baru itu, dibenarkan juga oleh ahli paru di RS Hermina Purwokerto, dr Indah Rahmawati, Sp.P. Aturan terkait penanganan kasus positif Covid-19 itu, baru saja dikeluarkan Kemenkes RI mengacu pada keputusan WHO.

“Katanya ini sudah melalui penelitian di Singapura, jadi mereka yang terkategori OTG dan bergejala ringan dipastikan tidak bakal ada lagi virus Covid-19 di tubuhnya setelah isolasi 9 hari,” ujarnya. (abe)

Pos terkait