Dana Stimulan Rp 30 Juta untuk Paguyuban UMKM, Individu Dapat BLT

  • Whatsapp
Kepala Dinas Koperasi dan UMKM (Dinkopumkm) Kabupaten Purbalingga, Budi Susetyono. HESTEK/Gilang Grahita

PURBALINGGA, hestek.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga bersiap menggelontorkan dana Rp 10-30 juta untuk paguyuban atau kelompok pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), pariwisata dan pertanian.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM (Dinkopumkm) Kabupaten Purbalingga, Budi Susetyono mengatakan, dana stimulan khusus menyasar kelompok-kelompok UMKM yang sudah terdaftar di Dinkopumkm.

Bacaan Lainnya

“Jadi dana hibahnya nanti diberikan kepada paguyuban yang sudah terdaftar ditempat kami, dan bukan untuk individu pelaku UMKM. Untuk teknis pelaksanaannya sementara ini masih dipersiapkan,” kata dia.

Program dana stimulan, kata Budi, diberikan guna menggerakan fungsi paguyuban dalam menyejahterakan anggotanya. Dia berharap, ekonomi masyarakat Purbalingga pascapandemi Covid-19 dapat segera bangkit.

“Untuk individu pelaku UMKM kan tahun lalu dari pemerintah pusat ada program BLT (bantuan langsung tunai, red), tahun ini wacananya akan ada lagi cuma untuk realisasinya dan penyaluranya bagaimana masih belum diinfokan,” kata dia.

Budi menambahkan, selain dana stimulan, Pemkab Purbalingga juga masih konsisten terhadap program yang telah berjalan, yakni program subsidi bunga dan kredit mawar.

“Kalau program dari pemkab yang sampai saat ini berjalan ada program subsidi bunga dimana pelaku UMKM dapat mengajukan pinjaman modal dengan bunga nol persen,” pungkasnya. (Gilang Grahita)

Pos terkait