David Ishaq Dorong Petani Milenial Ambil Peran di Sektor Pangan

  • Whatsapp
Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Tengah, David Ishaq Aryadi SE MM. (HESTEK.ID/Annas Masruri)

PURWOKERTO, hestek.id – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Tengah, David Ishaq Aryadi SE MM mendorong para kaum muda di Kabupaten Banyumas dan Cilacap untuk mulai mengambil peran dalam memajukan pertanian di Jawa Tengah.

Menurut anggota Fraksi Partai Gerindra ini, milenial memiliki modal yang bagus jika mau menggarap sektor pertanian yang masih kurang dilirik generasi muda saat ini.

Bacaan Lainnya

“Kaum milenial sangat familiar dengan teknologi informasi. Kalau hal ini bisa diarahkan untuk bisa memajukan sektor pertanian maka akan sangat membantu para petani. Kaum milenial bisa membantu para petani dalam hal pengembangan pasar dan distribusi,” kata David yang juga anggota Komisi B.

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, kata dia, tengah berinovasi dengan menerbitkan e-sertifikat ekspor dan memberikan pelatihan untuk meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) petani milenial.

Hal tersebut bisa dimanfaatkan petani muda untuk meningkatkan kapasitasnya dan mengambil peran lebih dalam sektor pertanian di Jawa Tengah.


Cari Informasi Viral Di Kolom Pencarian

Anggota DPRD Povinsi Jawa Tengah Dapil Banyumas- Cilacap, David Ishaq Aryadi SE MM.

Untuk diketahui, total ekspor produk pertanian Jawa Tengah per September 2019 mencapai Rp 2,51 triliun. Tingginya nilai ekspor tersebut karena keterlibatan para petani-petani muda yang tidak lagi berorientasi swasembada pangan, tapi mengekspor.

Petani muda, kata dia, juga bisa terlibat langsung dalam proses produksi komoditas pertanian. Kopi misalnya, dengan menjamurnya tempat tongkrongan dan tingginya nilai komoditas ini bisa dimanfaatkan dengan menggandeng petani agar kualitas produknya semakin baik.

“Karena saya yakin kualitas kopi lokal kita tidak kalah dan bisa menjadi produk unggulan,” katanya. (Adv/Anas Masruri)

Pos terkait