JAKARTA, HESTEK.id – Generasi milenial menjadi rebutan partai politik. Tak heran, karena generasi milenial yang saat ini berusia 17-30an tahun merupakan jumlah mayoritas sebagai pemilih. Direktur Program Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) Sirajudin Abbas dalam sebuah kesempatan mengungkapkan bahwa berdasarkan pendataan data pemilih, pemilih berusia 17-38 tahun mencapai 55 persen dari jumlah total pemilih pada Pemilu 2019.

Sadar dengan hal ini, Partai Keadilan Sejahtera membuat 5 maskot yang disebutnya ‘sahabat muda’. Kelima Maskot tersebut diberi nama Kea, Adi, Dilan, Eja, dan Tera yang sebenarnya mengacu pada Keadilan Sejahtera. Kelima maskot tersebut 2 berjenis laki laki dan 3 perempuan dan kelimanya disebut tengah kuliah semester 1.

Bagian menariknya adalah sosok Tera yang digambarkan sebagai sebagai cewek manja, galak, lucu, gaul, anak orang kaya, selalu update soal gadget, dan dijuluki miss socmed. “Ia mendalami Islam sejak dekat dengan Kea,” demikian penjelasan soal sosok Tera. Tera dilukiskan tidak berjilbab dengan rambut diwarnai merah.

Kea yang menjadi teman akrab Tera digambarkan sebagai mojang sunda berjilbab lebar yang soleha dan punya sifat perhatian, penyayang dan suka menolong.

Tentu saja dari kelimanya, sosok yang paling mudah dikenali adalah Dilan. Nama Dilan sendiri akrab dengan sebuah Novel karya penulis Pidi Baiq yang kemudian diangkat menjadi film layar lebar.

Sejauh mana keberhasilan kartun sahabat muda ini menarik minat pemilih muda, tentu saja masih harus dibuktikan. Tetapi satu hal yang pasti bahwa pemilih muda harus menjadi perhatian partai politik.