Desa Zona Merah di Banyumas akan Dijaga Tentara, Ini Daftarnya

  • Whatsapp
Komandan Kodim 0701 Banyumas, Letkol Inf Chandra saat peluncuran program Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro di Desa Gununglurah, Kecamatan Cilongok, Senin (15/2/2021). HESTEK/Kodim 0701 Banyumas

PURWOKERTO, hestek.id – Komandan Kodim 0701 Banyumas, Letkol Inf Chandra mengatakan, TNI akan mengerahkan Bintara Pembina Desa (Babinsa) untuk mengawal pelaksanaan PPKM Mikro di desa dengan predikat zona merah.

Selain berjaga di posko, ia akan mengarahkan Babinsa untuk mengawasi warga agar tertib menjalankan protokol kesehatan (prokes).

Bacaan Lainnya

Prokes 5M di wilayah zona merah antara lain, memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi.

“Kami imbau masyarakat tetap budayakan patuhi protokol kesehatan. Agar bisa mengurangi penyebaran Covid-19 di Desa Gunung Lurah,” katanya.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banyumas, Sadiyanto mengatakan, sudah ada dua wilayah yang masuk zona merah dan wajib menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro.

Kelurahan Tanjung, Kecamatan Purwokerto Selatan menjadi wilayah pertama yang mencanangkan PPKM Mikro, Sabtu (13/2/2021).

Sementara Desa Gununglurah, Kecamatan Kemangkon menjadi desa kedua yang menerapkan PPKM Mikro, Senin (15/2/2021).

“Kami memberikan kontrol lebih kepada desa yang angka positifnya di atas 10. Di Kabupaten Banyumas ada sembilan desa totalnya,” katanya. (Anas Masruri)

Pos terkait