AFRIKA, HESTEK.id – Walau hanya sebuah negara fiktif dalam film “Black Panther”, tetapi Wakanda menjadi incaran banyak orang. Banyak orang bertanya-tanya, di mana Wakanda dalam wujud sebenarnya di dunia nyata berada?

Tak heran, hingga kemudian salah satu bandara tersibuk di dunia, Atlanta Airport melalui akun twitternya memposting candaan sebuah foto yang menunjukkan bahwa bandara tersebut memiliki penerbangan langsung ke Wakanda.

Walau hanya candaan, hal ini menunjukkan banyaknya orang yang tertarik dengan negara apa yang kira-kira memiliki kemiripan dengan Wakanda yang menjadi tempat tinggal Prince T’Challa.

Film ‘Black Panther’ menggambarkan Wakanda merupakan sebuah kota fiktif di Afrika yang mempunyai kekayaan Vibranium. Selain itu Wakanda juga dikenal memiliki sunset yang paling cantik di dunia.

Di film diceritakan pula jika Wakanda yang bernama asli Kingdom of Wakanda merupakan sebuah negara kecil di Afrika Timur Laut. Selama berabad-abad kota ini hidup dalam isolasi. Kemudian kota ini menjadi negara dengan teknologi paling maju di planet. Ibu kota Wakanda adalah Birnin Zana yang menjadi kota terbesar.

Nama Negara Wakanda pertama kali dimunculkan pada tahun 1966 di komik Fantastic Four, Wakanda ini adalah negara fiksi yang diciptakan oleh Stan Lee dan Jack Kirby.

Nuansa Afrika di sebagai visualisasi negara Wakanda bisa kita lihat pada adegan lokasi penyamaran. Tempat ini dianggap mirip dengan banyak tempat di Afrika dimana pemandangan desa yang subur dikelilingi gunung. Kita bisa melihat visual ladang dan kebun subur di lembah gunung di Afrika Selatan, Zambia, dan Uganda.

Visualisasi pasar Wakanda juga sangat mirip dengan pasar di sejumlah negara Afrika. Pasar di Afrika Selatan misalnya penuh dengan benda kerajinan tangan etnik dan orang yang bepakaian dalam warna terang. Disebut-sebut suasana pasar di Cape Town sangat mirip dengan suasana pasar Wakanda.

Lalu kira-kira kota apa yang memiliki kemiripan dengan Wakanda?

The Great Rift Valley di Afrika disebut-sebut memiliki kemiripan dengan Wakanda. Tebing Rift terbentuk 20 juta tahun lalu sebagai akibat dari pertemuan 3 lempeng tektonik utama yaitu lempeng Arab, Nubia dan Somalia. Juga, Tebing Rift memiliki habitat satwa liar paling terkenal di Afrika yang terpecah di dua wilayah yaitu Dataran Serengeti dan Kawah Ngorongoro.

Salah satu satwa liar yang hidup di Great Rift Valley adalah badak hitam. Hal ini juga yang menjadikan banyak orang menyebut daerah ini mirip seperti Wakanda di mana dalam film hewan perang yang digunakan di Black Panther adalah badak hitam raksasa.

Kilimanjaro juga diangap ada kemiripan dengan Wakanda. Kemiripan ini terutama saat Black Panther dan Killmonger melihat senja bersama.

“Ayah saya pernah bilang, hal terindah yang pernah ia lihat adalah Wakanda,” ungkap Erik Killmonger yang menjadi musuh Black Panther.

Lokasi ini dianggap mirip dengan senja berlatar Gunung Kilimanjaro. Ini adalah gunung tertinggi di Afrika yang terletak di Tanzania. Taman Nasional Amboseli adalah tempat yang tepat untuk melihat matahari tenggelam bersiluet Gunung Kilimanjaro.