Diizinkan Buka Lagi, Begini Cara Baru Nonton Bioskop di Purwokerto

  • Whatsapp
Photo by Bence Szemerey from Pexels

PURWOKERTO, hestek.id – Setahun tutup karena Pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyumas melalui Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) mempersilakan bioskop untuk bisa beroperasi kembali.

Kepala Dinporabudpar Banyumas, Asis Kusumandani mengatakan, dalam masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro, bioskop bisa dibuka dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Bacaan Lainnya

“Pembukaan bioskop juga harus didahului dengan permohonan izin. Sementara ini baru satu bioskop yang mengajukan, yakni CGV Purwokerto di Rita Supermall,” katanya.

Menurutnya, pengajuan perizinan tersebut disampaikan sejak Desember 2019 lalu dan dinas sudah memberikan izin.

“Hanya saja waktu itu dibarengi PPKM tahap pertama, jadi mengharuskan tempat hiburan ditutup semua,” katanya.

Sementara sampai masa PPKM Mikro tahap ketiga ini, belum ada lagi yang mengajukan permohonan. Terkait permohonan dari CGV tersebut, bioskop sudah tidak perlu lagi mengajukan izin baru.

“Kalau izin sudah kita berikan, sekarang tinggal merekanya mau buka kapan,” katanya.

Satgas Covid-19, kata dia, sudah melakukan pengecekan terkait protokol kesehatan yang akan diterapkan di dalam bioskop. Ada sejumlah poin yang harus ditaati pihak pengelola.

“Saat dicek tidak ada masalah, kita lakukan pencegakan terkait sarana prasarananya, ada sosialisasi papan peringatan, tidak boleh membawa makanan ke dalam, hand sanitizer atau tempat cuci tangan, tempat duduknya harus berjarak, dan kapasitas maksimalnya 30 persen,” katanya.

Masyarakat yang sudah tidak sabar ingin menonton film di bioskop, tinggal menunggu pihak pengelola membuka.

“Kalau kita sifatnya pasif, mereka yang mengajukan. Kalau sekarang PPKM mikro, sepanjang itu memenuhi syarat-syarat yang ditentukan bisa tetap beroperasi,” katanya.


Cari Informasi Viral Di Kolom Pencarian

Sepekan lalu, Bupati Banyumas, Ir Achmad Husein juga telah memberikan lampu hijau kepada pengelola bioskop untuk buka lagi minggu ini. Tetapi dua bioskop yang ada di Purwokerto, sampai sekarang belum ada yang buka. (Anas Masruri)

Pos terkait