DPRD: Arif-Rista Bupati dan Wakil Bupati Kebumen Terpilih

  • Whatsapp
Arif Sugiyanto (tengah) bersama Ristawati Purwaningsih, usai menghadiri rapat paripurna DPRD Kebumena agenda penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih proses Pilkada serentak 2020, Senin (25/1/2021). (HESTEK.ID/Hafidz Mahfudz

KEBUMEN, hestek.id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kebumen mengumumkan penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih proses Pilkada serentak 2020.

Pengumuman penetapan tersebut disampaikan dalam sidang paripurna yang digelar bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda), Senin (25/1/2021).

Bacaan Lainnya

Sidang yang dihadiri 41 anggota dewan tersebut dibuka dan dipimpin langsung Ketua DPRD Kebumen, Sarimun. Selain itu juga diikuti pimpinan OPD melalui Zoom Meeting.

“Rapat Paripurna ini kami umumkan calon bupati dan wakil bupati Kebumen terpilih hasil Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020,” ucap Sarimun di ruang Paripurna DPRD Kebumen.

Berdasar surat keputusan KPU Kebumen Nomor : 6/PL.02.6-Kpt/3305/KPU-Kab/I/2021, tanggal 21 Januari 2021, pasangan Arif Sugiyanto-Ristawati Purwaningsih ditetapkan sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Kebumen. Arif-Rista unggul dari kotak kosong dengan perolehan suara sebanyak 389.463 suara atau 60,826 persen.

Selanjutnya, kata Sarimun, DPRD Kebumen akan mengusulkan pengesahan pengangkatan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kebumen terpilih kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur Jawa Tengah untuk agenda pelantikan.

Pada kesempatan yang sama, jajaran legislatif juga mengumumkan akhir masa jabatan bupati dan wakil bupati kebumen periode 2016-2021, Yazid Mahfudz dan Arif Sugiyanto. Hal ini sesuai ketentuan Pasal 79 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

“Pemberhentian Kepala Daerah dan atau Wakil Kepala Daerah yang berakhir masa jabatannya diumumkan oleh Pimpinan DPRD dalam Rapat Paripurna dan diusulkan oleh pimpinan DPRD kepada menteri melalui Gubernur sebagai wakil Pemerintah Pusat,” pungkas Sarimun. (Hafied Aziz)

Pos terkait