DPRD Minta Pemkab Bikin Bank Data Sektoral

  • Whatsapp
Pimpinan DPRD dan Forkompimda berfoto usai rapat paripurna. HESTEK.ID/istimewa

KEBUMEN, hestek.id – DPRD Kebumen meminta Pemerintah Kabupaten  untuk segera menyempurnakan Bank Data Sektoral yang berbasis teknologi informasi. Dengan demikian, pemerintah akan mampu memiliki data dengan validitas tinggi.

Hal ini disampaikan oleh H Rifai Yuniantoro dalam Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Kebumen tentang Penyampaian Rekomendasi DPRD tentang LKPJ Bupati Tahun Anggaran 2020.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, sejauh ini realisasi keuangan pada APBD Perubahan sudah cukup baik. Yakni, dengan capaian 99,21 persen. Sementara target pendapatan yang tercapai 94,46.

Dari 26 indikator kinerja utama, ada 14 indikator yang tercapai dengan sangat baik, 9 indikator tercapai dengan baik, dan tiga lainnya kurang baik.

“Penurunan kemampuan APBD Perubahan tahun 2020 akibat Covid-19 rupanya berimbas kepada capaian Indikator Kinerja Utama sehingga rata-rata capaian sebesar 71,36 persen. Angka ini menurun jauh dibandingkan tahun sebelumnya yang mencapai 156,85 persen,” lanjut Rifai.

Terkait Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SiLPA), DPRD merekomendasikan agar penggunaannya diarahkan untuk pencapaian visi dan misi Bupati 2021-2026. Antara lain, program Jamu Seger (Jalan Mulus Ekonomi Bergerak), penguatan sistem elektronik Pendapatan Asli Daerah (PAD), dan untuk peningkatan kualitas layanan kesehatan serta penanggulangan kemiskinan.

Ditemui usai mengikuti rapat paripurna Bupati Arif Sugiyanto menyatakan rekomendasi yang disampaikan DPRD Kabupaten Kebumen merupakan wujud kepedulian, kesungguhan, dukungan partisipatif, dan kemitraan.(hestek.id)

 

Pos terkait