JAKARTA, HESTEK.id – Selama ini banyak orang berdebat mengenai keikutsertaan Indonesia di Piala Dunia ketika masih bernama The Dutch East Indies atau Hindia Belanda. Karena belum bernama Indonesia, sehingga publik menilai masa itu tidak bisa dianggap sebagai keikutsertaan Indonesia di Piala Dunia.

Baru-baru ini, Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA), melalui akun Twitter resminya, mengakui Indonesia sebagai wakil pertama dari benua Asia yang mengkuti turnamen Piala Dunia.

Hal tersebut tergambar saat FIFA membuat pertanyaan trivia “Who were the first team from Asia to appear at a #WorldCup?”.

Pada bagian jawaban FIFA menulis, ” The Dutch East Indies, known now as Indonesia, reached the 1938 finals in France #TBT.

Melalui akun twitter tersebut, FIFA juga menyertakan link ke laman resmi mereka yang didalamnya terdapat video dokumenter mengenai negara Asia pertama yang ikut Piala Dunia. Video dokumenter FIFA berjudul Fascinating story of Asia’s first World Cup team mengenai keikutsertaan Indonesia di Piala Dunia 1938 juga menyertakan wawancara dengan beberapa tokoh sepakbola¬† Indonesia.

Sebenarnya, pengakuan FIFA terhadap Indonesia sebagai negara Asia pertama yang ikut piala dunia sudah sejak lama dilakukan. Terbukti video dokumenter tersebut sudah diunggah FIFA pada 2014 lalu.

Negara-negara seperti Australia, Iran, Jepang, Arab Saudi dan juga Korea mendapat tempat terhormat mewakili Asia di Piala Dunia FIFA 2018 di Rusia. Tetapi negara pertama yang mewakili Asia di panggung global bukanlah dari negara-negara tersebut. Tulis FIFA

Dutch East Indies atau Hindia Belanda yang saat ini disebut Indonesia mendapat tempat terhormat sebagai negara Asia pertama yang ikut di putaran final Piala Dunia Prancis 1938.

Di masa itu FIFA hanya memberikan satu tempat kepada negara Asia untuk tampil di Piala Dunia, mengingat hanya ada dua negara yang memperebutkan slot tersebut.

Akan tetapi, Indonesia tidak dapat berbicara banyak dalam Piala Dunia yang dihelat di Prancis tersebut. Mereka hanya bermain sekali dan takluk 0-6 ketika bersua wakil Eropa, Hungaria pada 5 Juni 1938.