Gaji Guru Honorer di Purbalingga Naik jadi Rp 1,2 Juta, Tapi Buruh Pabrik Saja Rp 1,9 Juta

  • Whatsapp
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Purbalingga, Setiyadi. HESTEK/Gilang Grahita

PURBALINGGA, hestek.id – Kabar gembira datang bagi guru honorer atau guru tidak tetap (GTT) di Purbalingga. Pasalnya, per Januari 2021, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga akan menaikan gaji semua guru honorer tanpa kecuali.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Purbalingga, Setiyadi mengatakan, kenaikan gaji berlaku bagi semua GTT di Purbalingga, baik yang sudah memiliki SK Bupati maupun yang belum.

Bacaan Lainnya

“Rencana semua ada kenaikan gaji baik itu GTT yang sudah ada SK Bupati maupun yang belum memiliki SK,” kata dia.

Dia mengatakan jumlah kenaikan gaji bervariasi tergantung dari lama pengabdian seorang GTT.

“Untuk yang sudah memiliki SK bupati dengan masa kerja dua sampai lima tahun yang tadinya Rp 700 ribu menjadi Rp 1,1 juta. Untuk masa kerja 5 sampai 10 tahun dari Rp 750 ribu menjadi Rp 1.15 juta, dan untuk yang lebih dari 10 tahun dari Rp 800 ribu menjadi Rp 1,2 juta. Itu bagi GTT dengan SK bupati,” terangnya.

Sementara untuk GTT honorer non SK Bupati juga masih mendapatkan jatah kenaikan gaji. Untuk masa kerja 1 sampai 5 tahun gaji naik menjadi Rp 900 ribu. Untuk masa kerja 5 sampai 10 tahun menjadi Rp 950 ribu. Sedangkan untuk GTT dengan masa kerja lebih dari 10 tahun menjadi Rp 1 juta.

“Dulu sebelum ada keputusan ini, anggaran hanya ada untuk GTT dengan masa kerja lebih dari sepuluh tahun. Jadi semua ada kenaikan gaji, cuma anggaran untuk GTT non SK nantinya ada penyesuaian prosentase antara APBD dengan dana BOS,”katanya.

Untuk diketahui, di Purbalingga sendiri terdapat 853 GTT SD SK Bupati dan 353 GTT SMP SK Bupati. Untuk Pegawai Tidak Tetap (PTT) SD ada 568 dan PTT SMP ada 392.

“Untuk non SK SD ada 427 dan non SK SMP ada 70 orang. Sementara untuk GTT dari TK dan PAUD masih dalam proses rekapitulasi,” jelasnya.


Cari Informasi Viral Di Kolom Pencarian

Kenaikan gaji para guru honorer di Purbalingga tentu menjadi angin segar. Namun jumlah tersebut faktanya masih jauh di bawah batas ambang Upah Minimum Kabupaten (UMK) tahun 2021 yang disepakati sebesar Rp 1.988.000. (Gilang Grahita)

Pos terkait