Gara-gara Obat Nyamuk, Ponpes Zam-zam Cilongok Terbakar

  • Whatsapp
Petugas sedang memadamkan kobaran api di Ponpes Zam-zam Cilongok, Selasa (23/2/2021). HESTEK/Istimewa

PURWOKERTO, hestek.id – Pondok pesantren Zam-zam di Desa Pernasidi Kecamatan Cilongok terbakar, Selasa (23/02/2021) pagi. Diduga kobaran api berasal dari obat nyamuk bakar yang digunakan santri.

Dandim 0701 Banyumas, Letkol Inf Chandra melalui Danramil 23/Cilongok Kapten Arm Ali Sobirin mengatakan, kebakaran diketahui warga pertama kali saat pulang dari salat subuh. Meski tidak ada korban jiwa, satu ruangan santri ludes terbakar.

Bacaan Lainnya

Ia melihat kepulan api dari ruangan pondok dan ada santri berlarian minta tolong, dari arah ruangan pondok. Kemudian ia mengecek ruang tempat sumber asap.

“Ternyata sudah ada kepulan asap, api juga membesar,” katanya.

Petugas dibantu warga sedang menyelamatkan barang di Ponpes Zam-zam Cilongok, Selasa (23/2/2021). HESTEK/Istimewa

Warga sekitar dan para santri berusaha memadamkan api dengan alat seadanya, sambil menunggu kedatangan mobil Damkar dari Purwokerto. Kobaran api merambat dengan cepat, karena sebagian besar material di ruangan berbahan kayu.

Kobaran api berhasil dipadamkan setelah 2 unit mobil pemadam kebakaran dari Purwokerto dan Wangon, tiba sekira pukul 05.40 WIB.

Petugas sedang memadamkan kobaran api di Ponpes Zam-zam Cilongok, Selasa (23/2/2021). HESTEK/Istimewa

Kepolisian masih melakukan penyelidikan, untuk memastikan penyebab kebakaran. Namun, diduga api berasal dari sisa obat nyamuk bakar yang digunakan santri mengusir nyamuk di ruang pondok. (Anas Masruri)

Pos terkait