Hujan Semalam, Ratusan Rumah di Banyumas Terendam Banjir

  • Whatsapp
Ratusan rumah di Kecamatan Kalibagor, Kemranjen dan Sumpiuh, Kabupaten Banyumas terrendam banjir usai diguyur hujan deras, Rabu (13/1/2021).

PURWOKERTO, hestek.id- Ratusan rumah di Kecamatan Kalibagor, Kemranjen dan Sumpiuh, Kabupaten Banyumas terrendam banjir usai diguyur hujan deras, Rabu (13/1/2021).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas, Titik Puji Astuti mengatakan, banjir di wilayah Kecamatan Kemranjen dan Sumpiuh diakibatkan oleh jebolnya tanggul hingga meluapnya Sungai Serayu.

Bacaan Lainnya

Sedikitnya 95 rumah di Desa Kebarongan, Kecamatan Kemranjen terendam air hingga kedalaman satu meter.

“Debit air kurang lebih sekitar 50 centimeter hingga 1 meter,” katanya saat dihubungi, Kamis (14/1/2021).

Sedangkan untuk Kecamatan Sumpiuh, daerah yang terdampak yakni di Kelurahan Sumpiuh. Data sementara ada 33 KK yang terdampak dengan debit air mencapai 30-80 sentimeter.

“Informasi warga, tanggul mulai jebol dan masuk rumah sekitar pukul 22.54 WIB, air mulai surut sekitar pukul 04.30 WIB,” kata dia.

Banjir di Kecamatan Kalibagor, lanjutnya, diakibatkan karena meluapnya Sungai Bener. Dari data sementara, ada sekira 125 rumah terdampak genangan air dan 40 warga harus diungsikan.

“Jadi untuk wilayah Desa Kalibagor yang terdampak oleh banjir luapan Sungai Bener data sementara itu ada 125 rumah dan untuk jumlah warga yang mengungsi ada 40 orang,” katanya.

Menurutnya, banjir kali ini lebih kecil dari banjir yang melanda Banyumas sebelumnya (akhir tahun 2020). Titik mengaku, pihaknya bersama dengan sejumlah relawan telah melakukan penanganan dengan melibatkan unsur masyarakat.

“Kita juga melakukan sosialisasi, himbauan, surat edaran, telah ada persediaan sembako dan material. Semoga tidak ada kejadian serupa,” ujarnya. (Anas Masruri)

Pos terkait