GORUT, Hestek.id – Potensi daerah yang dimiliki mulai dari potensi perikanan dan kelautan, potensi pertanian, pariwisata dan masih banyak lagi lainnya memiliki keterkaitan erat dengan peningkatan ekonomi masyarakat. Ini sebagaimana yang disampaikan Anggota DPRD Gorontalo Utara (Gorut), Gustam Ismail.

“Laju pertumbuhan ekonomi masyarakat dan peningkatan kesejahteraan belum maksimal, padahal dari sisi potensi yang dimiliki oleh daerah sangat melimpah,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, potensi yang dimiliki tersebut nantinya akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan jika ditunjang dengan ketersediaan infrastruktur yang dibutuhkan oleh masyarakat. 

Oleh, Gustam Ismail, hal ini sangat dirasakan masyarakat Kecamatan Ponelo Kepulauan dan berimplikasi terhadap lambannya roda perekonomian. 

Selama ini kata Gustam, hasil pertanian dan perkebunan yang ada seperti halnya kelapa yang produksinya menjadi kopra memiliki nilai ekonomi yang cukup menjanjikan.

“Hanya saja selama ini masyarakat belum secara maksimal mengelolanya, hal tersebut dikarenakan ketersediaan jalan yang merupakan akses yang sangat dibutuhkan belum memadai,” katanya.

Perkebunan kelapa masyarakat kebanyakan terletak masuk kedalam, sehingga untuk mengelolahnya membutuhkan waktu, belum lagi ketika telah menjadi kopra dan akan diangkut membutuhkan usaha yang lebih dan juga biaya akomodasi yang lebih.

“Sehingganya hasil pertanian dan perkebunan masyarakat tersebut tidak sebanding dengan yang diharapkan. Begitu juga dengan hasil pertanian lainnya seperti padi sawah maupun hasil lainnya,” tegasnya.

Untuk itu, Gustam menegaskan dirinya akan terus berjuang demi terwujudnya pembangunan yang merata terutama untuk infrastruktur yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan dan juga peningkatan ekonomi masyarakat.