JAKARTA, HESTEK.id – Wiro Sableng adalah pendekar pilih tanding murid kesangan Eyang Sinto Gendeng. Setelah sukses dengan bukunya, kini kisah perjalanan pendekar Wiro Sableng diangkat ke layar lebar.

Dalam perjalanannya seperti yang dikisahkan di buku, Wiro Sableng yang dikenal sebagai pendekar Kapak Maut Naga Geni 212 menghadapai berbagai macam musuh. Total ada 185 episode buku Wiro Sableng. Produser film Wiro Sableng, Sheila Timothy mengungkapkan jika dirinya dan tim khusus perlu membaca 185 buku. Hal itu untuk mengembangkan cerita, agar lebih menarik digarap dalam sebuah film.

Karena itulah banyak masyarakat penggemar Wiro Sableng yang tak sabar mencari tahu siapakah musuh Wiro Sableng yang akan dihadapinya di film Wiro Sableng 2018 kali ini.

Melalui siaran persnya Rumah produksi Lifelike Pictures mengumumkan karakter 3 lawan tangguh yang akan dihadapi oleh Wiro Sableng. Dan inilah mereka :

Mahesa Birawa

Mahesa Birawa diperankan oleh aktor bela diri ternama Indonesia, Yayan Ruhiyan. Pada dasarnya Mahesa Birawa adalah teman seperguruan Wiro Sableng karena juga merupakan bekas murid Sinto Gendeng yang akhirnya berkhianat.

Di buku Wiro Sableng sendiri pada episode Empat Berewok Dari Goa Sanggreng, kedua orang tua Wiro Sableng dibunuh oleh Mahesa Birawa. Nama Mahasa Birawa di buku Wiro Sableng juga disebut Suranyali, hingga kemudian berganti nama menjadi Mahesa Birawa saat membantu pemberontak menyerang kerajaan Padjajaran.

Soal kemampuan, tentu Mahesa Birawa sangat tangguh. Jurus andalannya Kelabang Hijau. Jangan lupakan juga senjata andalan Mahesa Birawa yaitu gada berantai berduri dan tongkat besi bercagak dua.

Di bukunya, walau Wiro Sableng selalu mengincar Mahesa Birawa, ia baru dapat menuntaskan dendamnya pada seri Maut Bernyanyi Di Pajajaran. Kita tentu penasaran, apakah di film ini, Wiro Sableng bisa menuntaskan langsung dendamnya pada Mahesa Birawa? kita tunggu saja filmnya.

Kaligundil

Kaligundil diperankan oleh Dian Sidik. Nama Dian Sidik sebenarnya sudah tidak asing lagi dengan film laga. Kita bisa melihat kemampuan perannya dalam berbagai sinetron termasuk membintangi sinetron Jaka Tingkir dan Pedang Naga Puspa di tahun 2015 lalu.

Karakter Kaligundil adalah anak buah Mahesa Birawa yang bermarkas di Jatiwalu. Ketika Wiro Sableng melakukan perjalanan mencari Mahesa Birawa, Kaligundil inilah yang pertama kali ditemuinya. Pertemuan yang tidak disengaja tersebut saat Kaligundil bertarung dengan Empat Berewok Dari Goa Sanggreng.

Di buku Wiro Sableng, Kaligundil menjadi orang yang memfitnah Wiro Sableng sebagai orang yang membunuh banyak tokoh persilatan. Kisah ini diceritakan di buku ketiga berjudul Dendam Orang Orang Sakti. Karena itulah di puncak Gunung Tangkuban Perahu, tokoh silat yang terhasut membuat perhitungan dengan Wiro Sableng.

Para Bandit

Tidak terlalu banyak penjelasan mengenai karakter dan asal usul tokoh para bandit ini. Para bandit terdiri dari tiga orang pendekar golongan hitam yang menggunakan penutup wajah ala ninja bersenjatakan pedang, parang dan juga celurit.

Jika Melihat dari karakter-karakter tokoh hitam yang dimunculkan di film, bisa dibilang film ini menceritakan kisah-kisah pada beberapa seri awal buku Wiro Sableng. Tentu saja bukan tidak mungkin film ini jika sukses akan dibuat sekuelnya. (berbagai sumber)