JAKARTA, HESTEK.id – Indonesian Idol 2018 resmi mengumumkan 12 peserta yang lolos ke babak Spektakuler pada Selasa dini hari (23/1/2018). Kedua belas kontestan yang lolos dari ketatnya persaingan Top 15 dipilih berdasarkan voting dan pilihan juri.

Terdapat 10 kontestan yang lolos berdasarkan hasil voting. Adapun Juri yang terdiri dari Judika, Armand Maulana, Maia Estianty, Bunga Citra Lestari (BCL), dan Ari Lasso memilih dua orang peserta lainnya dari babak Top 15.

“Kita mencari teknik vokal, karakter, warna suara dan pekerja keras,” kata BCL menyoal dasar penilaian juri dalam memilih kontestan.

Inilah Daftar 12 Kontestan Indonesian Idol 2018 musim kesembilan yang berhasil lolos ke Babak Spektakuler :

1. Joanita Veroni
Joan adalah kontestan Indonesian Idol asal Kaimana Papua. Sejak awal, Joan diprediksi bakal meramaikan panggung Spekta. Bakat menyanyinya bahkan disebut oleh juri berkelas dunia. Joan saat ini berusia 20 tahun dan sedang menempuh bangku kuliah di Jurusan Performing Arts Communiction di LSPR Jakarta.

2. ‎Ghea Indrawari
Ghea adalah kontestan Indonesian Idol yang berasal dari Singkawang. Wanita yang lahir pada 10 Maret 1999 ini tercatat sebagai mahasiswi di Universitas Negeri Yogyakarta. Sebelum mencoba peruntungan di Indonesian Idol, Ghea pernah mengikuti ajang menyanyi Rising Star Indonesia setahun yang lalu. Kekuatan Ghea di Indonesia idol adalah karakternya yang disebut oleh BCL mempunyai karakter paling kuat dibanding peserta lain.

3. ‎Marion Jola
Marion Jola adalah kontestan Indonesian Idol yang paling ramai dibicarakan dari babak audisi. Selain karena video kontroversi, juga karena penampilannya saat audisi banyak dipuji terutama suaranya yang serak. Marion Jola lahir pada tanggal 12 Juni 2000, ia merupakan kontestan dari NTT. Marion Jola masih bersekolah di MA Kristen Mercusuar Kupang.

4. ‎Bianca Jodie
Bianca Jodie telah menarik penonton Indonesian Idol sejak babak audisi. Selain karena suaranya, tingkah polosnya yang sering membuat juri tertawa menjadi daya tariknya. Sebelum mengikuti Indonesian Idol, Bianca Jodie sudah sering mengcover lagu melalui laman Youtube. Ketertarikan Jodie pada dunia musik bisa jadi dipengaruhi sang kakak yang merupakan pianis ternama di Yogyakarta-Michael Juan.

Bianca Jodie lahir pada tanggal 30 Maret 1996.Ia saat ini masih kuliah di Jurusan Internasional (HI) UPN Veteran Yogyakarta. Sedangkan pada saat SMA Bianca Jodie bersekolah di SMAN 1 Ngaglik, Sleman, Yogyakarta.

5. ‎Maria Simorangkir
Maria Simorangkir adalah kontestan asal Medan. Walau tidak begitu banyak dibicarakan dibanding peserta lainnya, tetapi penampilannya di Indonesian Idol cukup konstan. Ia seringkali mendapat standing ovation dari dewan juri.

Maria lahir pada 7 Oktober 2001 dan menjadi peserta termuda. Sebelumnya, Maria juga sukses menjadi Top 5 Idol Junior 2014 lalu. Selain menyanyi, Maria juga pandai memainkan alat musik piano, gitar dan biola.

6. ‎Glenn Samuel
Lolos ke Indonesian Idol melalui tiket titanium yang diberikan BCL, tanpa mendengarkan pendapat juri lainnya. Glen adalah kontestan dari Jayapura Papua walau berdara Ambon. Kontes menyanyi Just Duet 2016 di Net TV pernah diikutinya. Gleen Samuel Persulessy kini berusia 21 tahun.

7. ‎Mona Magang
Mona adalah kontestan Indonesian Idol 2018 dari Atambua NTT. Mona pernah mengenyam pendidikan di SMA Negeri 1 Atambua, Nusa Tenggara Timur. Menuju ke Babak Spektakuler penampilan Mona kurang memukau. Bahkan, Maia dengan pedas mengatakan seandainya 15 orang ini dipilih juri, ia tidak akan memilih Mona karena ada legato yang tidak pas dan pitch yang tidak terkontrol

8. ‎Ahmad Abdul
Ahmad Abdul masuk ke Indonesian Idol melalui audisi Denpasar Bali. Berlatar belakang desain grafis, ia sempat memberikan lukisan sketsanya kepada dewan juri. Walau demikian kemampuan vokalnya terutama suara falset kerap mendapatkan pujian juri yang menjulukinya The Lost Star That We Found. Kini Ahmad Abdul berusia 20 tahun.

9. ‎Chandra Wahyudi
Chandra paling muda dikenali karena rambutnya yang panjang dan keriting. Vokalnya juga khas karena terdengar macho. Ia merupakan kontestan berusia 24 tahun. Ia merupakan penyanyi yang berasal dari Kutai Timur tepatnya Desa Benua Baru, Kecamatan Muara Bengal.

Chandra merupakan alumni MAN 2 Samarinda, dan saat ini berstatus mahasiswa di perguruan tinggi swasta di Samarinda.

10. ‎Withney Julinetha Tuftutul
Withney Julinetha Tuftutul adalah kontestan Indonesian Idol asal Ambon. Bakat menyanyi telah teruji salah satunya saat menjadi finalis Bintang Radio Indonesia 2017 tingkat Kota Ambon. Usianya masih berbilang muda karena baru berusia 16 tahun.

Salah satu ciri khasnya adalah tinggi badannya yang mencapi 173cm padahal usianya masih sangat muda. Ia masuk ke audisi berbekal silver tiket dari Rayen PASTO.

11. Abraham ‎Kevin
Gagal meraih suara terbanyak, Kevin lolos ke Babak Spektakuler berdasarkan pilihan juri. Ia merupakan kontestan berusia 17 tahun asal Bima, Nusa Tenggara Barat.

12. ‎Ayu Putri Sundari
Ayu Putri Sundari merupakan satu-satunya peserta yang berhijab. Ia merupakan kontestan asal Yogyakarta dan saat ini belajar di penyajian musik Institute Seni Indonesia Yogyakarta. Ayu yang gemar tampil kocak ini mahir memainkan beberapa alat musik seperti gitar, ukulele, drum, keyboard, suling, dan harmonika. Ayu juga pernah masuk sepuluh besar Sunsilk Hijab Hunt 2017.

Berusia 19 tahun, Ayu lolos ke babak Spektakuler juga berdasarkan pilihan juri.