Jadi Warga Perumahan Sapphire Regency Kober Malah Menderita

  • Whatsapp
Pondasi Masjid Nur Falah di Perumahan Sapphire Regency Kelurahan Kober, Kecamatan Purwokerto Barat masih menggantung meski sudah dibronjong, Jumat (19/2/2021). HESTEK/istimewa

PURWOKERTO, hestek.id – Warga perumahan Sapphire Regency Kelurahan Kober, Kecamatan Purwokerto Barat menyesalkan perbaikan talud sungai di samping Masjid Nur Falah yang tidak sampai tuntas.

Ketua Yayasan Masjid Nur Falah, Rustamadji mengatakan, longsor terjadi akhir pekan lalu. Derasnya aliran sungai mengakibatkan talud di samping masjid ambrol, dan membuat pondasinya menggantung.

Bacaan Lainnya

Hal ini membuat warga khawatir untuk menjalankan salat berjamaah. Terutama ketika hujan turun, warga takut air sungai akan kembali menggerus pondasi masjid.

“Soalnya, perbaikan yang dilakukan pihak pengembang hanya berupa pemasangan bronjong. Tidak sampai selesai. Ketika saya tanyakan ke supervisor, katanya hal itu arahan dari manajemen Sapphire,” katanya kepada hestek.id, Jumat (19/2/2021).

Pondasi Masjid Nur Falah di Perumahan Sapphire Regency Kelurahan Kober, Kecamatan Purwokerto Barat masih menggantung meski sudah dibronjong, Jumat (19/2/2021). HESTEK/istimewa

Pembuatan bronjong yang selesai Rabu (17/2/2021) kemarin dinilai belum tuntas. Pihak pengembang baru membuat bronjong sepanjang 24 meter dan tinggi 3 meter, padahal longsoran sepanjang 30 meter dan tinggi 8 meter.

“Akhirnya sama warga ditutupi terpal, biar tidak takut lihat pondasi masjid yang kaya gitu, seharusnya penanganannya sampai pembuatan talud. Tapi ini malah berhenti cuma dibikin bronjong,” katanya.

Warga menduga, tidak tuntasnya perbaikan itu karena pihak pengembang tengah mengajukan proses penyerahan Prasarana, Sarana dan Utilitas Umum (PSU) ke pemerintah daerah.

“Harapan kita ya segera ada penanganan. Kalau kayak begini, kami sebagai warga seperti dibuat tidak jelas. Harus nunggu Pemkab memperbaiki, mau sampai kapan,” katanya.

Jalanan di Perumahan Sapphire Regency Kelurahan Kober, Kecamatan Purwokerto Barat rusak parah, Jumat (19/2/2021). HESTEK/istimewa

Tak hanya masjib, kata dia, sejumlah fasilitas umum lainnya di perumahan juga telah rusak. Seharusnya, sebelum diserahkan kepada Pemkab, PSU seharusnya sudah diperbaiki semuanya oleh pihak pengembang, tidak bisa dibiarkan begitu saja.

“Kondisi jalan di perumahan juga sudah rusak berat. Lah ini tanggungjawab siapa,” katanya.

Sebelumnya, diberitakan talud sungai di samping masjid perumahan Sapphire Regency, Kelurahan Kober, Kecamatan Purwokerto Barat ambrol tergerus aliran air, Jumat (12/2/2021).

Akibatnya, pondasi masjid yang berdiri mepet dengan sungai itu terbuka dan berpotensi mengancam struktur bangunan. (Anas Masruri)

Pos terkait