Jalur CPNS Formasi Guru Dihapus, Bagaimana Nasib GTT di Kebumen?

  • Whatsapp
Kepala Dinas Pendidikan kabupaten Kebumen, Moh Amirudin.

KEBUMEN, hestek.id- Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Kebumen tengah melaukan pendataan jumlah Guru Tidak Tetap (GTT) yang mengabdi di seluruh sekolah di Kebumen.

Hal itu dilakukan sebagai respon atas kebijakan pemerintah pusat yang berencana menghapus jalur CPNS formasi guru dan menggantinya menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Bacaan Lainnya

“Sampai hari ini kita baru diminta melakukan pendataan GTT baik yang sudah masuk dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik) maupun yang belum,” kata Kepala Dinas Pendidikan kabupaten Kebumen, Moh Amirudin, Senin (1/4/2020).

Amir menyebutkan, jumlah GTT/PTT Kabupaten Kebumen yang telah masuk dalam Dapodik sebanyak 3190 orang. Sedangkan yang belum terdaftar sekitar 1800.

Namun begitu, ia memprediksi jumlah tersebut diperkirakan akan ada perubahan karena sebagian diketahui mengundurkan diri maupun alasan lain.

“Data sementara, yang dibutuhkan sementara 2.810 guru dengan 2.039 di SD dan 771 di SMP,” sebutnya.

Amirudin menjelaskan, jumlah guru di Kebumen saat ini tidak sebanding dengan kebutuhan guru yang ada. Sehingga pihaknya juga melakukan pendataan

Pada mulanya, Disdik hanya mendata jumlah GTT yang sudah terdaftar di Dapodik. Lantas pihaknya pun melakukan GTT non Dapodik dengan syarat wajib mengantongi surat keterangan dari Kepala Sekolah masing-masing.

“Kita mengusulkan jumlah yang dibutuhkan,” terangnya. (hafied)


Cari Informasi Viral Di Kolom Pencarian

Pos terkait