Jam Malam Bakal Bikin Purwokerto Makin Mencekam

  • Whatsapp
Sejumlah petugas sedang memasang portal penyekatan jalan utama di wilayah perkotaan Purwokerto, beberapa waktu lalu. HESTEK/Gilang

PURWOKERTO, hestek.id – Seluruh Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) di wilayah perkotaan Purwokerto, bakal dipadamkan saat jam malam. Langkah itu dilakukan untuk membatasi ruang gerak masyarakat yang masuk wilayah perkotaan.

“Penyekatan jalan yang melintang, sepertinya tidak usah lagi karena kurang efektif. Lampu dimatikan saja,” kata Bupati Banyumas, Achmad Husein, Kamis (28/1/2021).

Bacaan Lainnya


Cari Informasi Viral Di Kolom Pencarian

Usulan itu, muncul saat rapat koordinasi penanganan Covid-19 bersama Forkompinda.

“Kalau bisa mulai hari ini, nggak apa-apa. Tapi kita akan koordinasi dulu dengan Satlantas dan Kapolreta. Mungkin nanti malam,” katanya.

Jika LPJU akan dimatikan, Ia meminta CCTV dimaksimalkan dan petugas gabungan menggencarkan patroli.

“Jangan sampai ketika dalam kondisi gelap, justru timbul kriminalitas,” katanya.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Banyumas, Agus Nur Hadi mengatakan, usulan ini sebenarnya berasal dari wacana yang muncul saat koordinasi bersama forkomlintas.

“Ada yang mengusulkan dari kapolsek wilayah kota, matikan saja LPJU selama jam malam mulai pukul 21.00 – 04.00 WIB,” katanya.

Dengan kondisi gelap, diharapkan merubah perilaku masyarakat agar sungkan masuk ke perkotaan.

“Masih menjadi pertimbangan angka kriminaitas dan kecelakaannya. Kami akan koordinasi dengan Kapolresta dan Kasatlantas, bagaimana baiknya. Kalau memungkinkan, kita eksekusi,” katanya. (Anas Masruri)

Pos terkait