Justin Liee Ajak Generasi Muda Merawat Budaya, Lewat Lagu Berbahasa Jawa

  • Whatsapp
Justin Liee. HESTEK/Istimewa

KEBUMEN, hestek.id – Justin Liee punya cara sendiri untuk membumikan Bahasa Jawa Krama yang kini kian memudar. Musisi berbakat asal Kebumen ini, mencoba mendekatkan generasi muda untuk gemar menuturkannya melalui sentuhan musik.


Cari Informasi Viral Di Kolom Pencarian

“Saya memilih Bahasa Jawa karena ingin melestarikan budaya,” kata dia, Jumat (26/3/2021).

Pemilihan Bahasa Jawa khususnya Jawa Krama dalam sebuah karyanya, dinilai penting mengingat laku berbudaya dalam bahasa kini mulai luntur seiring perkembangan zaman.

“Bahasa perlu dilestarikan dan digaungkan kembali di masyarakat. Terlebih sudah banyak anak muda lupa bagaimana berbahasa Jawa Krama,” jelasnya.

Pemilihan lirik lagu dengan lirik Jawa Krama ini, ternyata ada alasan tersendiri. Justin menggunakan Jawa Krama, karena itu adalah bahasa sehari-hari ia dan orangtuanya di rumah.

“Karena sudah menjadi bahasa sehari-hari, jadi lebih meresapi mungkin ya,”

Karir Justin Liee mulai moncer, setelah beberapa karya dengan lirik berbahasa Jawa dinyanyikan kembali oleh penyanyi dangdut papan atas seperti Happy Asmara hingga Via Vallen.

Sebut saja lagu berjudul Salam Tresno dan Layang Dungo Restu (LDR), kedua lagu tersebut cukup familiar di telinga masyarakat. Lagu berjudul Salam Tresno, merupakan lagu album pertamanya yang diunggahnya di kanal Youtube dan platform media sosial lainnya.

“Tidak menyangka lagu pertama ini bakal dikenal masyarakat luas,” jelasnya. (M Hafied)

Pos terkait