Kadinkes: Ada Petugas KPPS Positif Corona Masih Bertugas di TPS Pilkada Purbalingga

  • Whatsapp
Petugas KPPS Purbalingga sedang mengambil suara warga yang tengah menjalani isolasi mandiri karena terpapar Covid-19.

PURBALINGGA, HESTEK.ID-Kekhawatiran munculnya klaster baru pada hajat besar pemilihan kepala daerah beberapa waktu lalu, kemungkinan bakal benar-benar terbukti. Beberapa orang petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan saksi di TPS 7 Kelurahan Wirasana, Purbalingga, kini terpaksa menjalani isolasi mandiri demi mencegah penyebaran Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Purbalingga, drg Hanung Wikantono mengakui, ada petugas dan saksi yang terkonfirmasi terpapar Corona.

Bacaan Lainnya

“Kita masih mengumpulkan datanya,” katanya, Jumat (11/12/2020).

Dia cukup menyayangkan kasus di TPS Wirasana, karena ada pengawas yang sudah terkonfirmasi positif tetapi masih ditugaskan melakukan pengawasan coblosan Pilkada. Padahal sesuai protokol, warga yang sedang menunggu hasil swab test diwajibkan karantina mandiri hingga hasilnya keluar.

Komisioner Bawaslu Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Setyowati, tak menampik hal tersebut. Setelah sempat berkomunikasi dengan Dinkes Purbalingga, pengawas TPS kami menunggu hasil swab diizinkan bertugas dengan mematuhi protokol kesehatan.

“Setelah pelaksanaan pemungutan suara, kami baru dapat informasi ada PTPS yang hasil swab testnya positif. Kita sudah kordinasi dengan Dinkes dan sudah ditindaklanjuti,” katanya. (bal)

Pos terkait