Kebumen Akan Mulai Vaksinasi Covid-19 Pekan Depan

  • Whatsapp
Photo by Artem Podrez from Pexels

KEBUMEN, hestek.id-Kepala Dinas Kesehatan Kebumen, Dwi Budi Satrio memastikan, pekan depan warga Kebumen bakal mulai divaksin.

“Pencanangan akan dimulai 14 Januari 2021,” katanya.

Bacaan Lainnya

Dijelaskan Budi, Kabupaten Kebumen diberi kuota vaksin Covid-19 Sinovac sebanyak 6.973 dosis. Vaksinasi tahap pertama ini, diprioritaskan untuk tenaga kesehatan (nakes).

Dinas mencatat nakes yang akan mendapatkan vaksin terdiri atas 3.906 nakes di rumah sakit, 2.060 orang di Puskesmas, sarana kefarmasian 1.503 orang, klinik 335 orang dan Dinas Kesehatan 87, UP3 22 orang serta laboratorium kesehatan 20 orang.

Pelaksanaannya nanti dilakukan di fasilitas kesehatan yang terdaftar melalui Surat Keputusan Kepala Dinkes Kebumen. Adapun tenaga vaksinator Covid-19 di Kabupaten Kebumen, tercatat ada 2.372 orang yang tersebar di 6 rumah sakit dan 35 Puskesmas.

“Pelatihan vaksinator Covid-19 sudah dilakukan Oktober-November 2020,” katanya.

Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Kebumen, akan dilakukan berdasar data yang terekam pada Sistem Informasi Sumber Daya Manusia Kesehatan (SI-SDMK). Data tersebut, terupdate terakhir, Senin 4 Januari 2021 pukul 20.00 WIB.

Budi menegaskan, distribusi vaksin jenis Sinovac telah mengantongi izin pengawasan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Sehingga, pada penggunaan dipastikan aman.

Vaksinasi akan dilakukan secara bertahap, dengan memperhatikan prioritas dan peruntukannya. Pada tahap pertama akan manyasar nakes, serta orang yang berkecimpung di dunia kesehatan.

“Pada prinsipnya semua warga yang rentan usia 18 tahun s/d 59 tahun, tetapi pelaksanaan secara bertahap,” katanya.

Sementara, tahap berikutnya akan menyasar petugas publik seperti TNI-Polri serta swasta dan selanjutnya baru masyarakat umum. (hfd)

Pos terkait