Kemenag Banyumas: Semua Siswa Madrasah Beragama Islam, SKB 3 Menteri? ‘Bungkus’

  • Whatsapp
Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kebupaten Banyumas, Akhsin Aedi. HESTEK/istimewa

PURWOKERTO, hestek.id – Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kebupaten Banyumas, Akhsin Aedi mengaku akan tegak lurus kepada Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga menteri. Artinya, tidak akan ada lagi sekolah di Bawah Kemenag Banyumas yang mewajibkan siswanya memakai seragam identitas beratribut agama tertentu.

“Kami akan menindaklanjutinya dengan mengamankan SKB 3 menteri itu. Karena kami adalah lembaga resmi di bawah Menteri Agama. SKB ini juga untuk menghormati perbedaan agama dan menguatkan pluralisme di Indonesia,” katanya kepada hestek.id, Kamis (18/2/2021).

Bacaan Lainnya

Akhsin mengungkapkan, sebelum ada SKB tiga menteri, tidak pernah ada gejolak penolakan seragam di sekolah-sekolah naungan Kemenag. Sebab, tidak pernah ada sejarah siswa non muslim bersekolah di madrasah yang memang memuat kurikulum khusus agama islam.

“Kalaupun misal ada siswa madrasah, yang mohon maaf, beragama non muslim, kami pasti bebaskan. Misal mau ikut pelajaran agama islam yang nggak masalah, dan kalaupun tidak mau ya tidak memaksakan. Tapi selama ini, seluruh madrasah tidak ada yang beragama non muslim, baik siswa atau keluaraganya,” katanya.

Akhsin menjamin, tidak akan ada kegaduhan terkait terbitnya SKB tiga menteri di Banyumas. Dia yakin, masyarakat Banyumas cukup dewasa dan toleran terhadap perbedaan keyakinan menganut agama.

“Saya kira ini tidak menjadi persoalan yang mendasar. Selama ini belum ada gejolak di Banyumas, aman-aman saja. Tidak hanya di bawah Kemenag, termasuk sekolah di bawah Dinas Pendidikan juga,” katanya

Untuk diketahui, Kemenag Banyumas menaungi ratusan sekolah beridentitas agama. Mulai dari jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI) sebanyak 183 sekolah, Madrasah Tsanawiyah (MTS) 57 sekolah hingga Madrasah Aliyah (MA) 21 sekolah. Sementara sekolah berstatus negeri masing-masing tiga sekolah di setiap jenjang. (Anas Masruri)

Pos terkait