Kesulitan Mengatur Uang Saat Muda, Siap-siap Menyesal Saat Tua

  • Whatsapp
Ilustrasi foto Bich Tran dari Pexels

HAMPIR sepertiga orang dewasa muda, mengalami kesulitan finansial karena kurang pintar mengatur keuangan dengan penghasilan tetapnya.


Cari Informasi Viral Di Kolom Pencarian

Sebelum beranjak dan menuju dunia yang sebenarnya, kita harus mempelajari bagaimana mengatur keuangan supaya di masa mendatang tidak terjadi masalah finansial.

Sering Menggunakan Kartu Kredit
Memiliki kartu kredit sah-sah saja kalau kamu bisa menggunakannya dengan penuh tanggungjawab. Tapi siap-siap dapat masalah kalau kamu masih hidup pas-pasan dan sudah memiliki kartu kredit.

Dengan kartu kredit kamu akan sangat dimudahkan membeli barang yang diinginkan, tetapi cicilannya dapat menguras dompet. Jangan tergoda membeli barang yang belum terlalu penting, usahakan membelinya dengan uang tabungan.

Gaya Hidup Hedon
Banyak yang memaksakan gaya hidupmnya, padahal tidak sesuai dengan penghasilannya. Sehingga ia mengeluarkan biaya atau uang yang besar, untuk hal-hal yang seharusnya tidak terlalu penting untuk dirinya.

Parahnya lagi, tidak sedikit yang berpura-pura terlihat kaya padahal berutang untuk gaya hidupnya. Hentikan kebiasaan itu dan hiduplah sesuai pendapatan.

Buang Duit untuk Hal Tidak Penting
Atur keuangan dengan baik dan belajarlah dari sekarang, karena itu sangat penting untuk masa depanmu. Pakai rumus 50/30/20 untuk mengatur keuangan, supaya finansialmu stabil.

Alokasikan 50 persen pendapatan untuk kebutuhan sehari-hari seperti makan, transportasi, membayar sewa, cicilan kredit dan lainnya. Kemudian 30 persen untuk bersenang-senang, dan 20 persen untuk ditabung sebagai dana darurat atau bayar utang.

Sering Makan di Luar
Selain cepat dan enak, makan di luar itu bikin pengeluaran makin boros. Sesekali boleh saja beli makan di luar, tetapi jangan terlalu sering.

Tidak Rencanakan Masa Pensiun
Dengan merencanakan masa pensiun, kamu bakal membuat tabungan khusus untuk hari tuamu sedini mungkin. Jadi saat berada di usia yang tidak produktif lagi, kamu masih bisa menikmati hari tua dengan menyenangkan.

Tidak Menyiapkan Asuransi
Mungkin sekarang kamu masih sehat dan bugar, tapi di masa mendatang bisa saja terkena penyakit, kecelakaan, musibah, bencana alam, dan lainnya. Jangan mengabaikan asuransi, karena lebih baik siapkan payung sebelum hujan.

Tidak ada kata terlambat, segera koreksi rencana hidupmu dan segera atur keuanganmu. Semoga bermanfaat.(Dedy)

Pos terkait