Ketika Bupati Husein Jadi Tukang Isi Bensin di Pertamini Resmi

  • Whatsapp
Bupati Banyumas, Achmad Husein menjadi petugas pengisi bahan bakar minyak (BBM) di Pertashop Desa Kalibagor, Selasa (16/2/2021). HESTEK/Dok Pemkab Banyumas

PURWOKERTO, hestek.id – Bupati Banyumas, Achmad Husein menjadi petugas pengisi bahan bakar minyak (BBM) di Pertamini Desa Kalibagor, Selasa (16/2/2021). Momen tersebut menjadi penanda peluncuran program Pertashop, hasil kemitraan antara Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) dan Pertamina.


Cari Informasi Viral Di Kolom Pencarian

Rektor UMP, Jebul Suroso mengatakan, pendirian Pertahop tidak semata-mata sebagai lahan bisnis UMP saja. Melainkan lebih ke arah pengabdian kampus biru kapada masyarakat Banyumas.

Bacaan Lainnya

“Pertashop ini Lebih ke pengabdian, mendekatkan kebutuhan BBM pada masyarakat dan kemitraan yang baik dengan lingkungan sekitar Banyumas. Selebihnya baru bisnis,” kata Jebul.

Harapannya, keberadaan Pertashop bisa membantu program pembangunan di desa-desa melalui BUMDes. Serta menggerakkan perekonomian mikro di masyarakat.

Menurutnya, Desa Kalibagor dipilih menjadi yang pertama dalam pendirian Pertashop ini karena lokasinya yang strategis. Dilalui jalur alternatif, jalan di desa tersebut ramai dilalui kendaraan.

Selain di Kalibagor, kata dia, UMP juga berencana akan membangun Pertashop lainnya di beberapa titik.

“Nanti kita juga rencanakan di beberapa titik misalnya di dekat kampus UMP atau desa lainnya,” katanya.

Sales Branch Manager Pertamina Rayon IV, Andeka Sangtraga Hutapriya mengatakan, pihaknya menarget bisa membangun sedikitnya enam Pertashop setiap bulannya di wilayah Banyumas dan Cilacap.

“Pertashop ini adalah program kemitraan, sehingga harus dilihat dulu kesiapan antara mitra dan desa serta pemilihan lokasi yang strategis. Jangan sampai malah nantinya terbengkalai,” katanya.

Sejauh ini, sudah ada enam desa yang telah dibangun unit Pertashop dan dalam waktu dekat tengah disiapkan tiga titik di daerah Tanggeran dan Sumpiuh.

Husein berharap sinergi antara pihak swasta, Pertamina, dan desa ini bisa terus dilanjutkan di Kabupaten Banyumas. Selain bisa menciptakan lapangan kerja baru, keberadaan Pertashop juga mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Kalau bisa nanti di setiap desa bisa ada Pertashop. Ini bisa menjadi menghidupak BUMDes dan perekonomian masyarakat di sekitarnya,” katanya. (Anas Masruri)

Pos terkait