Kondisi Buruh di Kebumen Memprihatinkan

  • Whatsapp
Ilustrasi Buruh. Photo by Kateryna Babaieva from Pexels

KEBUMEN, hestek.id – Kondisi buruh di Kabupaten Kebumen dinilai masih sangat memprihatinkan. Hal ini disebut Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto sebagai pekerjaan rumah untuk semua elemen.

“Kondisi buruh yang belum sesuai dengan ketentuan harus jadi pekerjaan rumah pemerintah. Minimal kita dorong agar pengusaha mampu memberikan gaji yang sesuai ketentuan UMK,” ujar Arif saat menghadiri peringatan Hari Buruh, kemarin.

Bacaan Lainnya

Tak hanya buruh, Arif juga mengkritisi sector pemerintahan. Sebab, sampai saat ini masih banyak PNS atau Tenaga Harian Lepas (THL) di Kebumen yang gajinya masih jauh dari UMK.

“Para THL saja di Kabupaten Kebumen gajinya masih dibawah ketentuan. Piye to? Kita pemerintahan kok malah di bawahnya, minimal adalah sama. Kalau yang dari dalam belum sesuai ketentuan bagaimana kita memperingatkan yang diluar sana?” ungkap Bupati.

Kesejahteraan buruh tersebut, menurut Bupati Arif menjadi PR kedepan. Bagaimana pemerintah Kabupaten Kebumen mampu mencari solusi untuk peningkatan kesejahteraan buruh. Termasuk juga mencipatkan lapangan pekerjaan mengingat angka pengangguran di Kabupaten Kebumen masih tinggi.

Keberadaan kawasan industri di Kabupaten kedepan diharapkan mampu menjadi solusi menyerap angka pengangguran. Kawasan industri yang dimaksud adalah kawasan industri bahari.

“InsyaAllah tahun ini kita akan MoU dengan pengusaha, kita akan buka kawasan industri bahari. Disana akan ada pengolahan hingga ekspor untuk ke luar negeri seperti Jepang dan Amerika. Kita harap ribuan masyarakat kita akan mampu bekerja disana. Kita juga akan menciptakan pelatihan untuk tenaga kerja melalui Disnaker KUKM,” kata Bupati.(hestek.id)

 

Pos terkait