JAKARTA,HESTEK.id РPT Lentera Digital Global kini semakin aktif dalam mengembangkan bisnis di bidang blockhain. Hal ini terlihat dari aktivitas Lentera Digital Global yang belum lama ini memperkenalkan sebuah produk yang bernama; Intelpay. 

Intelpay hadir menjadi sebuah inovasi produk blockchain Digital payment pertama di Indonesia yang menggabungkan store and share system (blockchain storage) dan digital payment berbasis blockchain. 

“Saya kira selain teknologi blockchain itu sendiri yang menarik disini, yang paling penting juga adalah Intelpay menggunakan sistem blockhain sendiri yang kami ciptakan, sebagai karya anak bangsa. Pada pengembanganya kedepannya akan kita kembangkan sebagai cross-border payment blockchain based juga” Tegas Feby M Faisal, CEO Lentera Digital Global

Teknologi blockchain sendiri adalah teknologi yang mendasari berjalannya data tanpa bergantung kepada server yang terpusat, sehingga terhindar dari resiko downtime. 

Sistem blockchain hadir dengan mengubah pendekatan yang sentralistik (terpusat) menjadi desentralistik (tersebar, tidak sentral).

Pada prinsipnya, teknologi blockchain mengkondisikan setiap server yang menjalankan software ini untuk membentuk konsensus jaringan secara otomatis untuk saling mereplikasi data transaksi dan saling memverifikasi data yang ada. 

Oleh karena itu, ketika salah satu server mengalami peretasan (hacked), server tersebut dapat diabaikan karena dianggap memiliki data yang berbeda dengan mayoritas jaringan server lainnya. Teknologi blockchain lebih mampu menghadapi serangan dibandingkan teknologi yang tersentralisasi, karena sistem blockchain akan selalu memiliki dua atau tiga server yang berjalan untuk menangani transaksi.

Sebagai startup yang concern di bidang teknologi termasuk teknologi blockchin, Lentera Digital Global memiliki visi untuk mendorong pengembangan dan implementasi transformasi blokchain di masyarakat melalui pengaplikasian blockchain dalam berbagai sektor, sehingga lebih aman, terintegrasi, efesien dan nyaman bagi semua.