Makassar, Hestek.id – Mahasiswa yang tergabung dalam Kuliah Kerja Lapangan Falak (KKL FALAK) fakultas Syariah dan Hukum menggelar Rukyatul Hilal di Awal Bulan Dzulqaidah yang berada di Barombong. Kamis, (04/07).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh 592 Mahasiswa yang tersebar disemua jurusan yang ada di fakultas syariah dan hukum yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Falak.

Berdasarkan hasil perhitungan hisab untuk pengamatan hilal tanggal 2 DZULQAIDAH 1440 H adalah :
Tinggi hilal : 20°08’11.28″
Azmuth Matahari : 292°53’55.58″
Waktu Terbenam Matahari: 18:01:26
Azmuth Bulan : 294°31’35.54″
Waktu Terbenam Bulan: 19:33:00

Dan berdasarkan hasil Rukyat bahwa Hilal sangat terlihat jelas.

“Kegiatan ini sangat penting dilaksanakan dan diikuti oleh seluruh mahasiswa fakultas Syari’ah, mengingat Rukyatul Hilal/pengamatan hilal merupakan bagian dari objek keilmuan orang-orang Syari’ah”, Ujar DR. Rahmatia HL. M.Pd/ Ketua Prodi Jurusan Ilmu Falak.

Selain itu, Ia juga mengungkapan bahwa pengetahuan tentang falak merupakan hal yang penting untuk diketahui mahasiswa Syariah karena problem tentang Falak Sangat sering bersentuhan dengan masyarakat, salah satu contonhnya dalam penentuan arah kiblat, waktu sholat, dan Rukyatul hilal.

Sadri Saputra, mahasiswa prodi jurusan Ilmu falak yang juga mengikuti kegiatan tersebut menyatakan bahwa “melalui kegiatan ini, mahasiswa diberikan pengetahuan bagaimana menghitung tinggi hilal dan skill melihat hilal”, tegasnya.

Tentu ini akan menjadi bekal yang sangat berharga bagi mahasiswa Fakultas syariah dan Hukum ketika telah menyelesaikan kuliahnya. *