JAKARTA, HESTEK.id – Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (ASPEKSINDO) melakukan audiensi dengan Menteri Dalam Negeri RI,  Tjahjo Kumolo di Kantor Kemendagri, Jakarta. Rabu (17/10).

Pada kesempatan ini, Tjahjo Kumolo menyatakan bersedia menjadi Ketua Dewan Pembina Aspeksindo dan siap hadir pada Rapat Kerja Nasional yang rencananya akan di gelar akhir tahun ini.

Dalam kesempatan tersebut, ia menitip pesan agar Aspeksindo sebagai organisasi yang baru terbentuk untuk fokus pada program strategis kemaritiman terutama membangun infrastruktur laut yang akan memudahkan akses antara pulau dan daratan.

Selain itu bagi Tjahjo, sarana dan prasarana pendidikan di daerah kepulauan harus menjadi perhatian serius.

“Program satu sekolah satu pulau itu penting untuk menjamin warga negara mendapatkan pendidikan yang merata. Dengan demikian terjamin keseimbangan pembangunan antara darat dan kepulauan”. Ungkapnya Tjahjo Kumolo.

Lanjutnya, apa yang dilakukan pemerintah pusat hari ini sebagai terobosan dalam perimbangan keuangan dengan tidak lagi menjadikan variabel perkapita sebagai satuan penganggaran daerah.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Nias, Sokhiatulo Laoli sebagai Tim 9 dan juga Formatur Hasil Musyawarah Nasional (MUNAS) I  menanggapi pesan dari Mendagri tersebut. Ia berjanji untuk memperjuangkan kemajuan dan kesejahteraan daerah kepulauan dan pesisir sehingga menjadi daerah unggul jauh dari dari zona tertinggal dan termarjinalkan.

Pada kesempatan yang sama pula, Andi Fajar Asti selaku Direktur Eksekutif ASPEKSINDO mengapresiasi Mendagri yang bersedia hadir pada acara Rapat Kerja Nasional yang akan di gelar Desember mendatang di Kota Balikpapan.

“Kami berterimakasih kepada Bapak Tjahjo Kumolo yang bersedia untuk mengawal perjalanan awal Aspeksindo. Kami bahkan berkeyakinan Aspeksindo mampu membawa dampak positif bagi perkembangan daerah kepulauan dan pesisir di Indonesia.” Tegas Andi Fajar Asti.

Diketahui, pada Musyawarah Nasional I awal bulan oktober 2018 kemarin, terpilih Bupati Panajam Paser Utara, Abdul Gafur Mas’ud sebagai ketua Aspeksindo untuk masa bakti 2018-2023.