JAKARTA, HESTEK.id – Walau telah punah, tetapi masih banyak orang yang tertarik dengan kehidupan purba termasuk dinosaurus. Karena itulah, Taman Legenda Taman Mini Indonesia Indah menyediakan tempat rekreasi bertajuk Petualangan Dinosaurus.

Sesuai dengan namanya, di Petualangan Dinosaurus pengunjung akan dibawa mengenal lebih dekat kehidupan dinosaurus. Dan karena namanya petualangan, tentu saja ada aspek-aspek mengejutkan yang disiapkan pengelola Petualangan Dinosaurus.

Ada 12 Dinosaurus yang terdapat di Petualangan Dinosaurus. Selain disajikan berbagai data penting tentang dinosaurus yang ada, juga dituliskan hasil evolusi dari dinosaurus tersebut.

Misalnya, DILOPHOSAURUS yang akan pertama kali kita temui. Replika dinosaurus akan mengejutkan pengunjung karena menyemprotkan air saat akan dilewati. Yah, maklum saja karena Dilophosaurus kini berevolusi menjadi ular kobra yang juga senang menyemprotkan bisa.

Petualangan selanjutnya, pengunjung akan bertemu dengan TRICERATOPS yang kini berevolusi sebagai badak jawa. Ciri paling umum terlihat pada cula nya.

Jenis berikutnya yang akan kita temui adalah CARNOTAURUS yang berevolusi menjadi hewan Black Panther. Lalu ada Brachiosaurus yang merupakan jenis Dinosaurus tertinggi yang kini berevolusi menjadi jerapah.

Pengunjung juga akan bertemu PARASAUROLOPHUS yang berevolusi menjadi Kasuari serta SPINOSAURUS yang berevolusi menjadi buaya muara.

Tak ketinggalan di Petualangan Dinosaurus ini, pengunjung bisa bertemu dengan dinosaurus terbesar TYRANNOSAURUS REX (T-REX). Ini menjadi dinosaurus yang paling panjang dan paling banyak dikenali.

Kita juga bisa berkenalan dengan PACHYCEPHALOSAURUS yang merupakan nenek moyang kambing Amerika Utara, ANKYLOSAURUS yang merupakan nenek moyang kura-kura galapagos.

Bagian berikutnya adalah dinosaurus tercepat yaitu VELOCIRAPTOR yang biasa juga disebut raptor yang kini berevolusi menjadi hewan tercepat di darat yaitu Hyena.

Satu satunya dinosaurus terbang yang ada di Petualangan Dinosaurus adalah PTEROSAURUS yang kini berevolusi menjadi elang jawa. Dan dinosaurus terakhir adalah STEGOSAURUS.

Petualangan Dinosaurus juga dilengkapi dengan toko souvenir yang menyediakan berbagai permainan bertema dinosaurus.

Secara umum, Petualangan Dinosaurus cukup menarik untuk anak-anak terutama yang tertarik dengan kehidupan dinosaurus. Walaupun demikian, bagi anak-anak yang belum terbiasa dengan dinosaurus akan sedikit takut karena suara dan besarnya replika dinosaurus.

Jika ingin menyebut kekurangan wahana ini yaitu harga tiket. Untuk menikmati wahana Petualangan Dinosaurus, pengunjung harus membayar 2 kali tiket yaitu tiket masuk ke Taman Legenda dan tiket masuk ke Petualangan Dinosaurus.

Andai Petualangan Dinosaurus dikelola terpisah tentu lebih menarik, apalagi jika dilengkapi kafe atau tempat makan yang menyajikan menu bertema dinosaurus serta tempat makan terus didesain bertema kehidupan purba tentu akan membawa petualangan tersendiri bagi pengujung.

Harga Tiket Petualangan Dinosaurus

Harga tiket petualangan dinosaurus Taman Legenda, Taman Mini Indonesia Indah adalah Rp. 30.000. Tapi pengunjung harus membayar uang masuk ke Taman Legenda sebesar Rp. 20.000 dan juga deposit gelang sebesar Rp. 10.000.

Harga tiket ini masih harus ditambah lagi dengan harga tiket masuk Taman Mini Indonesia Indah.

Tips Ke Petualangan Dinosaurus

  1. Pengelola melarang membawa makanan ke dalam Taman Legenda. Sehingga jika si kecil belum makan, sebaiknya makan terlebih dahulu karena di area dalam taman legenda tidak begitu banyak pilihan makanan.
  2. Sebaiknya bawa baju ganti untuk menjaga anak-anak terkena cipratan air.
  3. Sebaiknya cek promo yang ada di Taman Legenda. Biasanya tersedia promo untuk Anda yang membeli tiket terusan Taman Legenda yang sebenarnya menyediakan 9 wahana lainnya.
  4. Untuk anak-anak yang diajak ke Petualangan Dinosaurus sebaiknya sudah tahu lebih dahulu tentang Dinosaurus dan mempunyai ketertarikan dengan hewan purba ini.
  5.  Sediakan topi untuk anak-anak. Walau di Petualangan Dinosaurus cukup rindang, tetapi di bagian lain taman legenda tidak begitu rindang, sehingga anak-anak sebaiknya dilengkapi topi terutama di siang hari.