JAKARTA, HESTEK.id – Presiden Jokowi mendapatkan anugerah Medal of Ghazi Amanullah pada
jamuan santap siang kenegaraan yang diadakan Presiden Mohammad Ashraf Ghani di Istana Presiden Arg, Afghanistan, Senin (29/1).

Terimakasih atas anugerah Medal Ghazi Amanullah. Medal ini akan menjadi `spirit` baru upaya meningkatkan hubungan bilateral dan perdamaian,” ungkap Presiden Jokowi seperti dilansir Kantor Berita Antara.

Presiden Jokowi–seperti dituturkan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa–mendapatkan penyematan medali ini sebagai bentuk penghormatan kepada Presiden Jokowi atas keteguhan dan keberanian dalam memajukan hubungan bilateral Indonesia-Afghanistan, terutama dalam mengupayakan “peace building” di Afghanistan.

Medal of Ghazi Amanullah adalah medali penghargaan tertinggi pemerintah Afganistan untuk masyarakat sipil termasuk untuk pemimpin negara lain.

Beberapa kepala negara yang menerima medali penghargaan ini diantaranya Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan yang mendapatkannya pada kunjungannya ke Afganistan tahun 2014 silam. Demikian halnya dengan preside Kazakhstan Nursultan Nazarbayev pada tahun 2015. Juga disematkan kepada Perdana Menteri India Narenda Modi pada 2016 lalu.

Tokoh lainnya yang menerima penghargaan ini adalah Presiden Amerika Serikat George Bush, Jenderal NATO James Jones, pemimpin spritual Afganistan Sibghatullah Mujaddedi dan Chief Justice Afganistan Abdul Salam Azimi.

Nama Ghazi Amanullah mengacu pada pemerintah Kerajaan Afganistan yang memimpin pada 1919 to 1929. Ia merupakan tokoh penting dibalik kemerdekaan Afganistan dari Inggris yang menandai perubahan sosial politik di Afganistan.

King Amanullah membawa perubahan penting konstitusi modern Afganistan terutama mengenai persamaan hak dan kebebasan individu. Sosoknya telah memordenisasi pendidikan termasuk membuat sekolah yang memungkinkan laki laki dan perempuan bersekolah serta membuka ruang bagi Afganistan untuk bekerjasama dengan Eropa dan Asia.