JAKARTA, HESTEK.id – Nama Onan Hiroshi mendadak banyak dibagikan di media sosial setelah komik satirnya yang menampilkan wajah yang mirip dengan Presiden Jokowi. Komik satir ini banyak dianggap sebagai penghinaan terhadap presiden.

Komik yang diberi judul dalam bahasa jepang 高速鉄道乞食 yang bermakna “pengemis kereta cepat” dibagikan Onan Hiroshi melalui akun twitternya pada 21 Februari 2018 lalu.

Postingan serupa juga dibagikan Onan Hiroshi pada akun Facebooknya. Tak ayal, akun facebook dan twitter Onan Hiroshi mendapatkan berbagai komentar dari orang Indonesia.

“Jepang menganut kebebeasan berpendapat dan kemerdekaan berekspresi. Semuanya bebas untuk memberi kritik pada kartun ini,” tulis Onan Hiroshi di laman facebooknya.

Kartun-kartun Onan Hiroshi dalam penelusuran kami, tidak dimuat di media mainstream. Ia hanya mempublikasikan kartun buatannya melalui akun media sosial twitter, facebook dan juga Youtube. Ia memiliki juga akun instagram tetapi tidak diupdate selayaknya media sosial lain miliknya.

Laman facebook fanpage Onan Hiroshi memiliki cukup banyak penggemar karena telah diikuti oleh lebih dari 100.000 pengguna. Adapun akun facebook pribadinya diikuti lebih dari 50rb orang.

Lalu siapa sebenarnya Onan Hiroshi?

Ada banyak objek kritik yang dilakukan Onan Hiroshi pada kartunnya termasuk dukungannya pada LGBT dan protesnya pada anti LGBT. Dalam salah satu kartunnya ia menyamakan aksi penolakan LGBT sama saja dengan KKK. Kartun tersebut juga mendapatkan protes besar.

Dalam penelusuran Hestek, Onan Hiroshi walau merupakan warga Jepang, tetapi ia tinggal di Bangkok. Ia pun kerap mendapatkan kritikan di media sosial dari orang-orang Thailand terhadap apa yang dipostingnya di media sosial. Salah satu yang mendapat kritikan adalah komiknya yang membandingkan Jepang dan Thailand.

Di laman pribadi Facebooknya Onan.Hiroshi ia menyebut perkerjaannya di bidang finance dan trading. Sejumlah foto yang bisa jadi merupakan foto pribadinya juga ditampilkan di laman tersebut.

Sedangkan laman fanpage facebooknya onanhiroshicartoon hanya menampilkan berbagai kartun karyanya yang tentu saja selalu mendapatkan pro-kontra.

Forum diskusi online ternama Thailand-Pantip.com  banyak mendiskusikan sosok Onan Hiroshi terkait kartunnya yang dianggap melecehkan “Thailand” walaupun disatu sisi juga banyak mendapatkan dukungan dari warga Thailand.

Agak sulit untuk menemukan profil lengkap Onan Hiroshi.

Media Coconut.co menyebut Onan Hiroshi sebagai political and social cartoonist.