PINRANG, HESTEK.id – Menteri Sosial Idrus Marham mengunjungi makam kedua orang tuanya di kampung halaman dan kampung kelahirannya di Kampung Sempang Pinrang pada 23 Januari 2018.

Seperti diketahui, Idrus Marham dilantik menjadi Menteri Sosial menggantikan Khofifah Indar Parawansa yang mencalonkan diri dalam Pilgub Jawa Timur pada 17 Januari 2018 lalu di Istana Negara.

Idrus Marham adalah politisi Partai Golkar yang lahir di Sempang Mattiroade, Patampanua, Pinrang, Sulawesi Selatan, 14 Agustus 1962. Sebelum dilantik menjadi Menteri Sosial, Idrus Marham menjabat sebagai Sekertaris Jenderal Partai Golkar. Di Partai Golkar ia dianggap sebagai simbol perubahan. Hal ini karena Idrus Marham mendobrak tradisi Sekjen Golkar yang selalu diisi militer.

Mengawali karirnya dari beragam organisasi mulai dari Osis, Senat Mahasiswa, Dewan Mahasiwa, Pelajar Islam Indonesia (PII), Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) serta Pergerakan Mahasiwa Islam Indonesia (PMII), Generasi Muda Kosgoro, Angkatan Muda Pembaruan Indonesia (AMPI), Ketua Umum Badan Komunikasi Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI), Karang Taruna, Ketua Umum Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) hingga Wakil Pemuda Dunia pada 2005.

Deretan pengalaman organisasi tersebutlah yang membuatnya muncul sebagai politisi kawakan yang ikut menandai perjalanan sejarah perpolitikan di Indonesia.